UI, Kemenristekdikti dan USAID Gagas Program SMART CITY

UI bekerjasama dengan Kemenristekdikti dan USAID menggagas program SMART CITY di Kampus UI, Senin (23/10/2017).

UI, Kemenristekdikti dan USAID Gagas Program SMART CITY
Tribunnews.com/Herudin
Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat 

WARTA KOTA, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti) serta United States Agency for International Development (USAID) atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika, menggagas program SMART CITY yang merupakan singkatan dari Scientific Modeling, Application, Research, and Training for City-centered Innovation and Technology di Kampus UI, Senin (23/10/2017).

Program ini merupakan sebuah kegiatan yang mengkombinasikan pemodelan, penerapan, penelitian, dan pelatihan ilmiah untuk inovasi dan teknologi untuk Perkotaan.

Kepala Humas dan Komunikasi Informasi Publik, Rifelly Dewi Astuti, menuturkan dalam program SMART CITY ini, UI bekerjasama dengan 5 universitas lain di dalam negeri yaitu Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Diponegoro, Universitas Udayana (UNUD) Universitas Sriwijaya atau UNSRI dan Universitas Teknologi Sumbawa atau UTS.

Baca: Kepala Bappenas: Smart City Tak Cuma Soal Kecanggihan Informasi Teknologi

"SMART CITY UI juga melibatkan 3 universitas mitra dari Amerika Serikat, yaitu University of Florida (UF), University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC), dan Savannah State University atau SSU," kata Rifelly, Senin.

Menurtnya ujuan utama SMART CITY adalah untuk meningkatkan jumlah Doktor, baik kualitas maupun kuantitas, yang dihasilkan dan Jumlah Publikasi internasional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kerjasama penelitian mengenai perkotaan antara universitas-universitas di Amerika Serikat dengan UI dan universitas-universitas mitra.

"Sejumlah fokus penelitian pada program SMART CITY diantaranya Energi dan Lingkungan, Infrastruktur serta Kualitas Hidup masyarakat Perkotaan," kata Rifelly.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved