100 Hari Anies Sandi

Ucapan 'Pribumi' Anies Baswedan Berujung Unjuk Rasa dari Komunitas Ini

Komunitas Anak Bangsa akan berunjuk rasa memprotes ucapan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam satu pidatonya yang menyinggung soal "pribumi".

Ucapan 'Pribumi' Anies Baswedan Berujung Unjuk Rasa dari Komunitas Ini
Kompas TV
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Komunitas Anak Bangsa akan berunjuk rasa memprotes ucapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam satu pidatonya yang menyinggung soal "pribumi". Mereka akan berunjuk rasa di Balaikota Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017) siang ini.

"Kita menuntut pertanggungjawaban Anies," kata Koordinator Komunitas Anak Bangsa Andreas di Jakarta, Senin.

Andreas mengaku telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada polisi untuk menggelar aksi unjuk rasa ini. 500 orang akan menyampaikan aspirasi di muka umum.

Andreas menyatakan Komunitas Anak Bangsa juga akan mendesak Polri menindaklanjuti laporan polisi terhadap Anies Baswedan.

Baca: Hari 2: Anies Minta Pertanyaan Soal Pribumi Distop, Pengamat Minta Jangan Dibesar-Besarkan

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilaporkan Komunitas Anak Bangsa ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri terkait isi pidato yang mengucapkan kata "pribumi".

Salah satu kuasa hukum Komunitas Anak Bangsa Rinto Wardana menyatakan pernyataan Anies soal pribumi melanggar Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 26 Tahun 1998.

Anies juga dianggap melanggar undang-undang larangan diskriminasi dan ras, kemudian Pasal 157 KUHP dan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik Pasal 28 ayat (2). (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved