Ribuan Perempuan Berjejalan Ikuti Deteksi Kanker Serviks Gratis

Ribuan perempuan itu lebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan oleh para tenaga medis, sebelum memasuki bilik-bilik

Ribuan Perempuan Berjejalan Ikuti Deteksi Kanker Serviks Gratis
Warta Kota/Feryanto Hadi
Sejumlah perempuan mengantre untuk menjalani tes IVA/Papsmear di Kementerian Kesehatan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (23/10). 

WARTA KOTA, SETIABUDI -- Belakangan ini Rinda (27) dirundung rasa takut setelah menyaksikan derita yang dialami seorang anggota keluarganya yang terkena kanker serviks.

Saudaranya yang bernama Andini itu terbaring di rumah sakit dalam waktu cukup lama.

Hari-harinya penuh kecemasan. Semangat hidupnya pun layu ketika ia mulai mengungkit kematian artis Julia Perez yang terjangkit kanker serviks.

Sejumlah perempuan mengantre untuk menjalani tes IVA/Papsmear di Kementerian Kesehatan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (23/10).
Sejumlah perempuan mengantre untuk menjalani tes IVA/Papsmear di Kementerian Kesehatan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (23/10). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Ia pun sempat mewanti-wanti Rinda agar melakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi adanya infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV).

Atas alasan itu Rinda pun mencari informasi mengenai penyakit mematikan itu.

Hingga akhirnya pada Senin (23/10) ia datang ke Kementerian Kesehatan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Bahkan, ia rela mengantre bersama ribuan orang lainnya untuk menjalani tes IVA/Papsmear.

“Sebelumnya perempuan, termasuk saya, agak abai dengan potensi penyakit berbahaya ini. Tapi banyaknya kasus yang terjadi membuat kita takut. Jadi, saya pikir tidak ada salahnya melakukan pengecekan biar lega saja,” kata Rinda ditemui di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof Dr. Sujudi, Kementerian Kesehatan.

Ribuan perempuan itu lebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan oleh para tenaga medis, sebelum memasuki bilik-bilik yang disediakan untuk menjalani tes IVA/Papsmear.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan oleh para tenaga medis, para perempuang memasuki bilik-bilik yang disediakan untuk menjalani tes IVA/Papsmear.
Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan oleh para tenaga medis, para perempuang memasuki bilik-bilik yang disediakan untuk menjalani tes IVA/Papsmear. (Warta Kota/Feryanto Hadi)

“Mudah-mudahan hasil pemeriksaan baik-baik saja,” harap Rinda.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved