Breaking News:

Survei Litbang Kompas: PDIP Parpol Paling Dipilih Publik, Gerindra Nomor Dua

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik paling populer pilihan publik, jika pemilu legislatif dilakukan saat ini.

Tribunnews.com
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik paling populer pilihan publik, jika pemilu legislatif dilakukan saat ini.

Hal itu terlihat dari survei yang dilakukan Litbang Kompas pada 26 September-8 Oktober 2017.

Sebanyak 30,3 persen respoden menjatuhkan pilihan kepada partai yang dikomandoi oleh Megawati Sukarnoputri tersebut.

Baca: Survei Litbang Kompas: TNI Kalahkan KPK Sebagai Lembaga Bercitra Paling Baik, DPR Paling Buncit

Di tempat kedua, parpol yang akan dipilih publik adalah Gerindra. Partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini mendapat 10,8 persen suara responden.

Kemudian disusul secara berurutan oleh Golkar (7,8 persen), Partai Demokrat (5,3 persen), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 3,8 persen.

Berikutnya ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 3,3 persen, dan Partai NasDem memperoleh 3 persen suara dukungan dari responden.

Partai Amanat Nasional (PAN) berada di posisi berikutnya dengan 2,2 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 1,8 persen, Partai Perindo memperoleh suara 1,4 persen, Hanura 0,9 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,3 persen, serta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Idaman masing-masing mendapat 0,1 persen. Sementara, sebanyak 29,1 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab dan menjawab rahasia. (*)

Penulis: Sri Handriyatmo Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved