Indra Sjafri Bagikan Tip Cara Mencetak Atlet Sepak Bola Profesional

Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia U-19, Indra Sjafri, berbagi sejumlah tip cara mencetak pesepak bola profesional.

Indra Sjafri Bagikan Tip Cara Mencetak Atlet Sepak Bola Profesional
Antaranews.com
Indra Safri, Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-19 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-19 Indra Sjafri memberikan sejumlah tip cara mencetak atlet profesional sejak dini kepada ratusan guru olahraga, atlet, dan pelatih sepak bola.

Tip itu dia berikan dalam acara "coaching clinic" yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (20/10/2017).

"Untuk menjadikan pemain yang profesional, pelatih harus bisa menemukan atau menerapkan empat teknik dasar terlebih dahulu sekaligus pentingnya melatih atlet sejak dini agar bisa menjadi juara dunia," katanya di Jember.

Menurutnya, ada empat latihan dasar yang harus diberikan kepada pemain sejak awal, yakni keahlian (basic skill), fisik (basic physic), teknik (basic technical) dan mental.

Menurutnya, keempat latihan dasar itu sangat penting untuk melihat seorang calon atlet berbakat atau tidak.

"Keahlian dasar adalah melatih kemampuan seperti bagaimana cara mengontrol dan teknik menggiring bola di lapangan. Hal itu biasanya sudah bisa dilihat saat pemain masih usia dini," tuturnya.

Selanjutnya, pelatih atau guru perlu melihat fisik calon atlet. Hal ini terkait dengan perkara menjaga performa dalam permainan.

"Setelah itu baru kemudian soal teknik yakni tentang bagaimana mengelola teknik permainan baik secara individu, grup maupun tim," ujarnya.

Menurut dia, olahraga sepak bola itu bukan jenis olah raga yang bertujuan unjuk meraih kemampuan pribadi saja, melainkan oleh raga yang memerlukan kerja sama tim demi mewujudkan kemenangan.

Selanjutnya dia menyebutkan hal yang tak kalah pentingnya, yakni membangun sikap mental, khususnya tentang mengelola emosi dan menghargai orang lain termasuk lawan.

Halaman
12
Editor:
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved