Anda Harus Tahu Nih Manfaat Jadi Nasabah Bank Sampah

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto menjelaskan 3 manfaat yang diperoleh menjadi nasabah di bank sampah.

Anda Harus Tahu Nih Manfaat Jadi Nasabah Bank Sampah
Warta Kota/Bintang Pradewo
Walikota Jakarta Barat, Anas Effendi meresmikan Bank Sampah Unit (BSU) Wijayakusuma di kantor Walikota Jakarta Barat, Jumat (20/10/2017) pagi. 

WARTA KOTA, KEMBANGAN -- Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto menjelaskan 3 manfaat yang diperoleh menjadi nasabah di bank sampah.

Salah satu diantaranya, harga jual sampah anorganik yang stabil.

Manfaat lainnya adalah pengangkutan sampah khusus anorganik secara gratis.

"Pengangkutan sampah khusus anorganik dilakukan gratis. Diangkut truk berwarna biru. Sampah yang dijual di bank sampah juga memiliki harga flat (tetap), ketimbang menjual sampah pada pengepul sampah. Serta aplikasi yang mempermudah nasabah bank sampah untuk transaksi," ujarnya.

Dalam peresmian Bank Sampah Wijaya Kusuma diisi dengan pemberian secara simbolis buku rekening kepada nasabah bank sampah serta penimbangan sampah anorganik yakni kardus dan botol plastik.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi mengajak masyarakat, termasuk di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Barat, untuk melakukan pemilahan sampah.

Hal Itu dilakukan agar bisa meminimalisir volume sampah yang dibuang ke TPU Bantargebang, Bekasi.

"Kalau semua mengerti itu, saya jamin tak ada sampah di kantor Walikota. Karena semua sampah telah dipilah, yang organik bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos, kalau yang anorganik bisa dijual dan menghasilkan uang," ujarnya saat meresmikan Bank Sampah Wijaya Kusuma, di kantor Walikota Jakarta Barat, Jumat (20/10) pagi.

Menurut Anas, pembuatan bank sampah di kantor Walikota Jakarta Barat, ini bukan semata-mata sebagai pelengkap persyaratan adipura.

Namun, ia menginginkan bahwa sampah dari masyarakat ini tidak langsung dibuang begitu saja. Tapi, dipilah karena memiliki nilai ekonomis.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved