73 Siswa Terbaik Indonesia Ikuti Seleksi Olimpiade 2017 di Tangerang

Seleksi Nasional olimpiade sains dan matematika tingkat asia tersebut diikuti 73 peserta dari seluruh Indonesia.

73 Siswa Terbaik Indonesia Ikuti Seleksi Olimpiade 2017 di Tangerang
Warta Kota/Andika Panduwinata
Sebanyak 73 Siswa Terbaik Indonesia Ikuti Seleksi Olimpiade 2017 di Tangerang 

WARTA KOTA, TANGERANG -- Jelang Asian Science & Mathematics Olympiad for Primary Schools (ASMOPS) 2017 di Thailand, Surya Institute melalui divisi Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) yang didukung oleh PT Freeport Indonesia melakukan seleksi nasional di Binong, Kelapa Dua, Kota Tangerang.

Seleksi Nasional olimpiade sains dan matematika tingkat asia tersebut diikuti 73 peserta dari seluruh Indonesia.

Sebanyak 73 peserta tersebut terdiri dari 34 kategori Sekolah Dasar dengan rincian 16 peserta di bidang studi sains dan 18 peserta di bidang studi matematika.

Serta 39 peserta kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan rincian 18 peserta di bidang studi sains dan 21 peserta di bidang studi matematika.

Baca: Daftarkan Partai Pemersatu Bangsa ke KPU, Eggi Sudjana Targetkan Lima Besar di Pemilu 2019

Ketua Panitia Seleksi Nasional ASMOPS & ASMO International Competition 2017, Christina Simanjuntak menjelaskan sebelum melakukan seleksi nasional, pihaknya terlebih dahulu melakukan seleksi di tingkat regional.

Sebanyak 1.531 siswa dari berbagai SD dan SMP di Indonesia mengikuti seleksi regional tersebut.

Kota lokasi seleksi regional antara lain Jakarta, Bandung, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Kediri, Surabaya, Bali, Balikpapan, Makassar, Manado, Timika, Prabumulih, Palembang dan Pekanbaru.

Baca: VIDEO: Ini Dia Pidato Pertama Anies sebagai Gubernur Jakarta

“Sebelum melakukan seleksi nasional, Divisi SIPS Surya Institute juga telah melakukan Road to ASMOPS (seleksi regional) di beberapa kota di Indonesia pada September yang lalu."

"Dari 1.531 peserta regional, hanya lolos 80 peserta di seleksi nasional. Namun saat seleksi nasional, 73 peserta yang memenuhi undangan seleksi," ungkap Christina menjelaskan dalam keterangan resminya, Selasa (17/10/2017).

 Christina melanjutkan, dari 73 peserta yang mengikuti seleksi nasional, hanya 20 peserta yang akan mewakili Indonesia di ajang ASMOPS 2017 di Thailand.

Sebanyak 20 peserta tersebut yakni 12 peserta terbaik kategori SD yang terdiri dari enam peserta di bidang studi sains dan enam peserta untuk bidang studi matematika.

Serta delapan peserta SMP yang terdiri dari empat peserta di bidang studi sains dan empat peserta untuk bidang studi matematika.

"20 peserta terbaik sebagai hasil dari seleksi nasional selanjutnya akan mewakili Indonesia di ajang ASMOPS & ASMO International Competition 2017 pada 17-21 November 2017 yang akan diselenggarakan di Thailand," paparnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved