Breaking News:

Berkas Partai Idaman Besutan Raja Dangdut di Depok Dikembalikan, Perindo dan Berkarya Lolos

Berkas Partai Idaman besutan Raja Dangdut di tingkat Depok dikembalikan oleh KPU setempat karena belum memenuhi syarat.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor:

WARTA KOTA, DEPOK  --  Sepanjang Minggu (15/10/2017) tercatat tiga partai politik (parpol) yang datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 dan menyerahkan berkas administrasi pendaftaran sebagai persyaratan.

Ketua KPU Depok, Titik Nurhayati, yang menerima kedatangan mereka menjelaskan, tiga pengurus parpol wilayah Depok yang datang adalah dari Partai Islam Damai Aman (Idaman) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Berkarya.

"Hari Minggu ini ada tiga parpol yang datang dan hendak mendaftar dengan membawa berkas. Mereka adalah Partai Idaman, Perindo dan Partai Berkarya," kata Titik kepada Warta Kota di Depok, Minggu.

Untuk diketahui Partai Idaman adalah parpol yang dibentuk antara lain oleh Raja Dangdut Rhoma Irama; sedangkan Perindo adalah parpol besutan Hary Tanoesoedibjo sementara Partai Berkarya adalah parpol besutan Tommy Soeharto.

"Berkas Perindo dan Partai Berkarya kami terima karena sudah lengkap dan sesuai dengan data sipol, sementara Partai Idaman kami kembalikan lagi. Sebab DPP Partai Idaman sampai kini belum mendaftar ke KPU Pusat, sehingga data sipolnya belum ada," kata Titik kepada Warta Kota.

Titik juga menyampaikan, para pengurus dan angggota ketiga parpol di wilayah Depok itu mendaftar dengan membawa berkas administrasi berupa fotokopi data dan identitas para pengurus serta anggota partai, sebagaimana disyaratkan.

Menurutnya berkas yang mereka bawa langsing dicocokkan dengan data sistem informasi partai politik (sipol) yang diuploada pengurus pusat parp yang bersangkutan.

"Jika data pengurus dan anggota sesuai dengan yang ada di sipol, maka berkas kami terima dan parpol telah resmi mendaftar," katanya.

Jika tidak berkas akan dikembalikan agar dilengkapi dan disinkronkan kembali terlebih dulu. KPU masih menunggu hingga batas akhir masa pendaftaran, Senin (16/10/2017) pukul 24.00.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi ialah bahw ayang datang mendaftar ialah pengurus parpol wilayah sementara pimpinan pusatnya harus sudah mendaftar ke KPU Pusat agar data sipolnya tersedia.

Sebelumnya pengurus Perindo wilayah Kota Depok telah datang mendaftar pada Senin (9/10/2017) lalu. Namun berkas mereka dikembalikan karena datanya tidak sesuai dengan sipol yang diinput pengurus pusat partai mereka.

"Namun tadi sudah dilengkapi dan sudah sesuai dengan data sipol yang ada sehingga resmi diterima," katanya.

Hal serupa juga terjadi pada Partai Berkarya yang datang ke KPU Depok Jumat (13/10/2017) lalu. Berkas Partai Berkarya yang sempat dikembalikan hari Minggu ini diterima karena sudah lengkap dan sesuai sipol.

"Sementara Partai Idaman baru datang kali ini untuk mendaftar ke KPU Depok. Namun karena DPP mereka belum mendaftar ke KPU pusat, berkas kami kembalikan lagi," kata Titik.

Hingga Sabtu kemarin tercatat baru tiga parpol yang berkasnya sudah diterima KPU Kota Depok setelah syaratnya dinyatakan lengkap dan sesuai dengan data sipol yang ada. Ketiganya ialah PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dengan tambahan dua parpol yang berkasnya sudah diterima KPU Kota Depok, maka hingga Minggu sore sudah lima parpol di Depok yang resmi lolos pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2019.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved