Program Pembagian Kartu Uang Eleketronik di Gerbang Tol Tidak Gratis

Tidak ada yang gratis, begitu juga untuk pengisian e-toll. Hanya saja pada Senin (16/10) beli senilai Rp 50 ribu akan dapat yang sama

Program Pembagian Kartu Uang Eleketronik di Gerbang Tol Tidak Gratis
Warta Kota/Alex Suban
Petugas menawarkan Kartu Pembayaran Elektronik, di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta Timur, Sabtu (16/9/2017). 

Laporan Wartawan, Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, PALMERAH  -- Baru-baru beredar kabar pada hari Senin (16/10/2017) pengguna kendaraan di sejumlah ruas gerbang tol Jakarta akan diberikan kartu uang elektronik secara gratis.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Herry Trisaputra Zuna menegaskan apabila program yang dicanangkan untuk mendorong transaksi non tunai di ruas gerbang tol itu bukanlah gratis.

"Jadi kalau biasanya beli kartu Rp 50.000, itu saldo nya hanya Rp 40.000 karena Rp 10.000 nya untuk biaya kartu. Tapi kalau Senin (16/10) nanti, beli Rp 50.000, saldonya Rp 50.000," ujar Herry saat dikonfirmasi Warta Kota, Rabu (11/10).

Baca: Biaya Top Up Elektronik Ditetapkan hanya untuk Pengisian di Atas Rp 200 Ribu

Herry lebih cenderung untuk menggunakan istilah pemberian insentif kepada para pengguna jalan tol.

Petugas menawarkan Kartu Pembayaran Elektronik, di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta Timur, Sabtu (16/9/2017).
Petugas menawarkan Kartu Pembayaran Elektronik, di Gerbang Tol Cililitan, Jakarta Timur, Sabtu (16/9/2017). (Warta Kota/Alex Suban)

Total kartu yang akan diberikan insentif masih dibicarakan lebih lanjut, namun ia memperkirakan ada sekitar 1,5 juta keping kartu.

"Program ini sendiri bekerja sama dengan 4 bank penyedia layanan kartu beserta Bank Indonesia. Ini sebagai program lanjutan setelah kami menerapkan 100 transaksi non tunai di ruas tol," ujarnya.

Program tersebut akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 31 Oktober pekan depan.

Sebelumnya, dikutip Kompas.com, Bank Indonesia (BI) berencana membagi-bagikan kartu pembayaran elektronik gratis kepada pengguna jalan tol (e-toll) pada Senin (16/10) pekan depan.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Pungky Purnomo Wibowo menuturkan, pembagian kartu uang elektronik gratis kepada pengguna jalan ini merupakan program Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan.

"BUJT ini di bawah supervisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dan sistem pembayaran perbankan di bawah supervisi BI," kata Pungky kepada Kompas.com, Selasa (10/10) kemarin.

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved