Apa Saja Sih Permainan Tradisional di Pekan Olahraga Tradisional

Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ke lima yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga di Pantai Panjang, Bengkulu, Selasa (10/10).

Apa Saja Sih Permainan Tradisional di Pekan Olahraga Tradisional
Warta Kota/Dwi Rizki
Pekan Olahraga Tradisional (POT) Tingkat Nasional ke lima yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) di Pantai Panjang, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu pada Selasa (10/10/2017) 

WARTA KOTA, PALMERAH - Pekan Olahraga Tradisional (POT) Tingkat Nasional ke lima yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) di Pantai Panjang, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu pada Selasa (10/10/2017).

Melombakan 11 permainan tradisional se-Nusantara.

Apa saja permainannya?

1. Terompah Panjang

Terompah Panjang atau biasa disebut bakiak.

Permainan yang populer dilombakan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) itu dimainkan bersama-sama dengan jumlah peserta tiga hingga lima orang per kelompok.

Layaknya perlombaan kecepatan pada umumnya, masing-masing kelompok harus beradu cepat mencapai garis finish dengan tetap mengenakan bakiak kayu panjang.

Permainan ini menarik dan sangat populer karena para peserta harus menyeragamkan langkah kakinya agar dapat berlari bersama.

Tetapi dalam prakteknya, berlari dengan menggunakan bakiak panjang sekitar 2 meter selebar 15 cm dengan penahan kaki berasal dari potongan karet bekas itu sangat sulit, terlebih bila para peserta tidak kompak.

dayak POT
dayak POT (Warta Kota/Dwi Rizki)

2. Dagongan

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved