Breaking News:

Survei Terbaru: Mayoritas Masyarakat Puas terhadap Jokowi, tapi Keluhkan Masalah Ekonomi

Sebuah hasil survei terbaru menunjukkan, mayoritas masyarakat puas atas pemerintahan Presiden Jokowi namun mengeluhkan masalah ekonomi

Editor:
Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden
Jokowi naik KRL ke Bekasi dan bersama warga. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Hasil survei lembaga kajian KedaiKOPI menyatakan mayoritas masyarakat puas atas tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi namun masih mengeluhkan masalah ekonomi.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dalam bentuk wawancara tatap muka terhadap 800 responden di delapan kota pada 8-27 September 2017 dengan margin of error +/-3,5 persen, diketahui 55,7 persen responden puas atas pemerintahan Jokowi.

Kedelapan kota itu ialah Medan, Padang, Palembang, Jakarta (kecuali Kepulauan Seribu), Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Baca: Lebih dari 50 Persen Tak Pilih Jokowi jika Pemilu Digelar. Ini Hasil Survey KedaiKOPI

Namun pendiri KedaiKOPI, Hendri Satrio, menyampaikan, mayoritas dari mereka mengeluhkan masalah ekonomi. "Rakyat masih mengeluhkan tentang masalah ekonomi," ujar Hendri dalam siaran pers Minggu.

Saat ditanya tentang masalah utama yang dihadapi masyarakat saat ini, itu adalah masalah ekonomi, di antaranya keperluan pokok, BBM, dan listrik mahal dikeluhkan responden sebanyak 55,4 persen.

Sedangkan masalah keperluan lapangan pekerjaan 14,1 persen, korupsi 3,9 persen, narkoba 3,3 persen, berita hoax tentang SARA 2,5 persen.

"Responden yang menjawab tidak tahu ada 7,6 persen, sisa responden lain menyebutkan hal lain selain yang disebutkan di atas," katanya memaparkan.

Terkait pertanyaan tentang kondisi Indonesia saat ini, responden menjawab perekonomian yang sulit sebanyak 24 persen; demokrasi sedang diuji 21 persen; lebih baik dari pemerintahan sebelumnya 20,5 persen; normal 10,6 persen; pembangunan dan pelayanan meningkat 5,8 persen; ada korupsi 5,2 persen; ada masalah keamanan 4,8 persen; tidak tahu 6,6 persen; dan sisanya menjawab hal lainnya.

Sementara itu dari sisi elektabilitas (keterpilihan), ketika ditanya jika pemilu dilakukan pada hari saat pertanyaan diajukan, responden yang memilih Jokowi sebesar 44,9 persen; sementara yang memilih jawaban selain Jokowi mencapai 48,9 persen dan sisanya tidak menjawab.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved