SMAN Unggulan MH Thamrin Pakai 3 Kurikulum Sekaligus

Selain berasrama, keunggulan SMAN MH Thamrin adalah digunakannya 3 kurikulum sekaligus, yakni kurikulum nasional, Cambridge, dan olimpiade sains.

Warta Kota/Lilis Setyaningsih
SMAN Unggulan MH Thamrin, Bambu Apus, Jakarta Timur. 

WARTA KOTA, BAMBU APUS --- Proses seleksi penerimaan yang ketat dan standar yang tinggi memang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Unggulan Muhammad Husni Thamrin. Pasalnya proses belajar di SMAN yang berada di Bambu Apus Jakarta Timur inipun berbeda dengan sekolah negeri lainnya yang ada di Jakarta.

Jam belajar yang lebih panjang serta sistem asrama membuat tidak semua murid mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut. Tak heran, tes psikotes yang dilakukan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menjadi tes pertama setelah lolos seleksi administrasi untuk mengukur kesiapan murid.

Baca: Ketatnya Seleksi Masuk di SMAN Unggulan MH Thamrin

Kepala SMAN Unggulan MH Thamrin Drs Warnoto MPd mengatakan, jam sekolah sudah dimulai sejak pukul 04.00. Diawali dengan shalat subuh berjamaah di masjid dan bagi yang non muslim juga ada materi agama. Dan kegiatan tersebut diabsen dan wajib diikuti.

Setelah kegiatan keagamaan, sarapan dan lain-lain, pukul 06.00 harus sudah apel pagi. Selanjutnya belajarpun dimulai tepat pukul 6.30 hingga 16.00. Setelah pukul 16.00, baru bisa istirahat atau kegiatan bebas lain. Pada pukul 20.00 hingga 22.00 ada tutorial. Jadwal itu berlaku dari Senin hingga Jumat.

Bila sekolah negeri lain hari Sabtu libur, di SMAN Unggulan MH Thamrin Sabtu tetap dipakai belajar, yakni pukul 07.00 hingga 14.30.

Hari Sabtu khusus dipakai untuk belajar kurikulum olimpiade. Seusai belajar olimpiade hingga Minggu sore barulah kegiatan bebas termasuk boleh keluar asrama setiap dua minggu sekali. Saat keluar asrama pun diberi surat jelas akan ke mana dan pergi dengan siapa. Pada saat keluar dan masuk asrama harus diketahui petugas keamanan. Letak asrama siswa masih berada di lingkungan sekolah.

Baca: Samsung Smart Learning Dibangun SMAN MH Thamrin, Para Siswa Diajari Bikin Games

Jam Belajar Padat

Perbedaan lain dengan sekolah negeri lain adalah digunakanya 3 kurikulum sekaligus, yakni kurikulum nasional, kurikulum cambridge dan olimpiade/paralimpiade sains. Adanya 3 kurikulum yang digunakan sekaligus selain jam belajar yang lebih panjang juga padat. Terutama saat kurikulum nasional, materi pelajarannya dipadatkan. Sehingga selalu lebih cepat dibahas dibandingkan dengan sekolah lain.

Disela-sela waktu belajar ada kegiatan ekstrakurikuler. Ada 18 kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya marching band, robot, olahraga, tari.

"Jam belajarnya saja sudah padat tapi masih ada beberapa siswa yang mengikuti les tambahan di luar sekolah atau memanggil guru," kata Warnoto yang ditemui Warta Kota seusai peresmian Samsung Smart Learning Class, Rabu (4/10).

Hanya Program IPA

Kerja keras murid dan guru memang mendapat hasil memuaskan. Tahun 2017 lalu SMAN Unggulan MH Thamrin meraih nilai tertinggi untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bidang IPA wilayah DKI Jakarta. SMAN Unggulan MH Thamrin merupakan sekolah berbasis sains sehingga hanya membuka kelas program IPA saja. Tidak ada program IPS.

Setiap tahun 10 sampai 20 persen lulusan SMAN Unggulan MH Thamrin melanjutkan kuliah di luar negeri, sisanya terserap semua di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. 

Alamat SMAN Unggulan MH Thamrin: Jalan Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung Jakarta Timur. 

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved