Breaking News:

VIDEO: Lihat Dampak Puting Beliung di Depok yang Merusak 70 Rumah

Beberapa diantaranya sudah mendapatkan bantuan berupa asbes dan material lainnya dari Pemkot Depok serta PMI Depok.

WARTA KOTA, JAKARTA- Sedikitnya sekitar 70 rumah di Cimanggis dan Tapos, Depok mengalami rusak akibat hujan deras disertai puting beliung, serta pohon tumbang yang terjadi di Depok, sejak Minggu (1/10/2017) lalu.

Beberapa diantaranya sudah mendapatkan bantuan berupa asbes dan material lainnya dari Pemkot Depok serta PMI Depok.

Sampai awal tahun depan diperkirakan kondisi cuaca buruk dan hujan deras masih akan terus terjadi.

Untuk mengantisipasi hal itu terutama mencegah jatuhnya korban jiwa, Pemkot Depok akan melakukan dua hal utama. Yakni merapihkan jaringan dan instalasi lisrik di permukiman warga dengan menggandeng PLN Area Depok serta melakukan pemangkasan pohon-pohon besar rawan tumbang.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Rabu (4/10/2017).

"Tindakan antisipatif kita adalah dengan perapihan jaringan listrik di pemukiman denhan menggandeng PLN. Supaya tidak terjadi korsleting listrik atau arus pendek yang bisa menyebabkan kebakaran," kata Idris.

Selain itu tambahnya pihaknya juga akan melakukan pembenahan dan pemangkasan pohon-pohon besar yang rawan tumbang. "Agar tidak ada lagi pohon atau batang pohon yang menimpa rumah warga seperti yang terjadi beberapa hari lalu," kata Idris.

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi kebakaran Depok memiliki 20 unit mobil pemadam kebakaran berukuran kecil yang bisa menjangkau gang-gang sempit.

Sebelumnya diketahui tercatat sebanyak 59 rumah di Kampung Rawa Kalong, RW 8, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, mengalami rusak akibat puting beliung yang terjadi bersamaan dengan hujan deras di Depok, Minggu (1/10/2017) malam.

Dari 59 rumah yang rusak itu, sekitar 16 rumah mengalami rusak berat dimana selain atap rumah hancur juga beberapa tembok bangunan ambruk.

Selain itu sedikitnya 13 rumah warga di Sukatani, Cimanggis juga rusak akibat hal serupa.

Hadi salah seorang warga Cimanggis yang rumahnya rusak akibat puting beliung, Minggu malam mengatakan peristiwa itu terjadi cukup cepat dan disertai bunyi gemuruh. "Atap rumah kami di bagian belakang tersapu angin. Akibatnya bagian dapur rumah kemasukan air hujan," katanya.

Menurutnya kerusakan juga terjadi di sejumlah rumah lainnya di Kampung Rawa Kalong, Curug, Cimanggis, Depok.

"Bantuan dari PMI Depok dan Pemkot Depok sudah kami terima untuk memperbaiki rumah kami yang rusak, yakni berupa asbes dan terpal untuk penaham sementara," katanya.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved