Breaking News:

Mengintip Pulau Kakaban, Benteng Terakhir Tempat Biota Laut

Hutan di pulau ini terlihat masih perawan dan besar-besar. Jenisnya pun bermacam-macam. Diantaranya, pohon bakung, ubal, ligayan dan ipil.

Achmad Subechi
Para wisatawan usai turun dari speed boat hendak menuju ke danau yang ada di Pulau Kakaban. 

WARTA KOTA, PALMERAH--Namanya Pulau Kakaban. Luasnya sekitar 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Bagi wisatawan asing, Kakaban sudah tidak asing lagi. Selain hutannya yang masih perawan, Pulau Kakaban memiliki danau yang airnya berasal dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah.

Beginilah suasana di tepi Danau Pulau Kakaban. Pengunjung berselfie ria mengabadikan suasana di sekitar danau.
Beginilah suasana di tepi Danau Pulau Kakaban. Pengunjung berselfie ria mengabadikan suasana di sekitar danau. (Achmad Subechi)

Di danau ini kita akan berenang bersama ubur- ubur yang tidak menyengat. Spesies binatang ini diperkirakan terperangkap dan berevolusi sejak ribuan tahun lalu.

Ada beberapa jenis ubur-ubur di Danau Kakaban, antara lain golden jellyfish dan moon jellyfish, aurelia aurita (bentuknya seperti piring transparan), tripedalia cystophora, mestigeas papua dan casiopeia ornata.

Seorang wisatawan berenang sambil memegang ubur-ubur yang tidak menyengat.
Seorang wisatawan berenang sambil memegang ubur-ubur yang tidak menyengat. (Achmad Subechi)

Kemiripan serupa juga ada di Palau, sebuah negara yang secara geografis menjadi bagian dari Kepulauan Micronesia di tepi barat daya Samudera Pasifik.

Pulau Kakaban, dikelilingi oleh pulau-pulau lainnya, seperti Derawan, Samama, Sangalaki, Maratua dan Sambit.

Untuk menuju ke pulau ini, wisatawan lebih dulu menuju Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dari Berau, wisatawan bisa mencarter speed boat menuju Pulau Derawan lebih dahulu.

Biasanya, para pemilik speed boat menawarkan paket dengan rute Berau, Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki. Tentu saja tidak murah tarifnya. Untuk sewa dua hari, tarifnya bisa mencapai Rp 14 juta.

Alternatif lain, para traveler bisa mencarter speed boat dari Pulau Tarakan menuju Pulau Derawan. Dari Derawan mencarter speedboat menuju Pulau Kakaban.

Selain itu dari Berau, wisatawan langsung menuju Tandjung Batu dengan menumpang kendaraan travel. Tarifnya berkisar Rp 100.000.

Halaman
123
Penulis: Achmad Subechi
Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved