Kontanier Dijadikan Restoran Tanpa IMB Dibiarkan

Tumpukan kontainer yang disebut-sebut akan dijadikan bangunan restoran tidak dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan dan dibiarkan berdiri.

Kontanier Dijadikan Restoran Tanpa IMB Dibiarkan
Tumpukan kontainer yang disebut-sebut akan dijadikan bangunan restoran di Tambora, Jakarta Barat. 

WARTA KOTA, TAMBORA-Sebuah bangunan dua lantai berbentuk kontainer di Jalan Jembatan Besi Raya, Tambora, Jakarta Barat diduga melanggar karena tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Padahal, bangunan yang akan dijadikan tempat komersil itu hanya berjarak sekitar 100 meter dari kantor Kelurahan Jembatan Besi.

Berdasarkan pantauan, kontruksi bangunan di lahan sekitar 300 meter menggunakan kontainer bekas. Untuk mengelabuhi warga, sekeliling lahan yang sedang dibangun ditutup seng. Namun, puluhan pekerja bangunan di dalam tengah sibuk bekerja.

Tidak ada plang kuning IMB yang dikeluarkan dari Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terpampang di lokasi bangunan yang telah terpasang pintu rolling door di depannya.

Selain tidak mengantongi IMB, bangunan komersil tersebut telah melanggar garis sempadan jalan dan bangunan sesuai zonasi yang telah diatur di dalam peraturan daerah.

Diduga, oknum instansi terkait terlibat membekingi sehingga pengerjaan bangunan komersil tanpa IMB dan melanggar peraturan daerah ini bisa berjalan mulus tanpa ada saksi tegas.

Lurah Jembatan Besi, Agus Mulyadi mengakui adanya pengerjaan bangunan komersil tanpa IMB dan melanggar peruntukkan tidak jauh dari kantornya.

" Saya selaku estate manajer sudah mengimbau pemilik mengurus perizinan serta mematuhi aturan yang berlaku," ujar Agus, Selasa (3/10/2017).

Sementara Kepala Seksi Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Tambora, Ilham Syahrial mengakui bangunan komersil di Jalan Jembatan Besi Raya tidak mengantongi IMB.

"Pemilik bangunan telah disurati Kasudin CKTRP untuk menghentikan dan mengurus perizinan," ungkapnya melalui pesan singkat.

Ketika ditanya, kenapa hingga saat ini tidak ada tindakan penyegelan terhadap bangunan komersil tanpa IMB dan melanggar peruntukkan, Ilham malah berterima kasih atas informasi yang disampaikan.

Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved