Breaking News:

Lurah se-Jakarta Utara Harus Mampu Menguasai Aplikasi CRM

Lurah se-Jakarta Utara harus memahami dan mengetahui cara mengoperasikan aplikasi Citizen Relationship Management

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dian Anditya Mutiara

WARTA KOTA, CILINCING -- Kepala Suku Dinas Komunikasi dan Informasi Masyarakat (Sudin Kominfomas) Jakarta Utara, Christian Anthony mengungkapkan lurah se-Jakarta Utara harus memahami dan mengetahui cara mengoperasikan aplikasi Citizen Relationship Management (CRM).

Pasalnya setiap laporan masyarakat yang masuk melalui aplikasi qlue, secara sistem otomatis masuk ke CRM.

Sehingga lurah pun harus menguasai cara penggunaan CRM dengan tepat demi memberikan solusi atas aduan masyarakat.

"Nantinya aduan masyarakat itu otomatis masuk ke user kelurahan masing-masing. Lurah harus bisa memilah laporan mana yang menjadi kewajibannya untuk ditindaklanjuti," kata Christian, Selasa (3/10).

Selanjutnya jika aduan masyarakat tersebut masuk ranah kelurahan maka harus segera diatasi.

Sementara jika tidak, maka aduan tersebut harus segera dikoordinasikan dengan UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) terkait.

Pasalnya saat ini ada banyak lurah yang belum mengetahui tentang aplikasi CRM karena mereka tidak mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh Jakarta Smart City.

Oleh sebab itu Christian mengungkapkan pihaknya mencoba memfasilitasi adanya bimtek CRM yang akan digelar beberapa hari kedepan dengan pihak Jakarta Smart City akan dihadirkan sebagai nara sumbernya.

"Dikarenakan acaranya berbenturan dengan kegiatan lain, makanya kita akan jadwalkan ulang, lurah dan camat wajib hadir," kata Christian.

Sekadar informasi, aplikasi CRM kedepannya akan terkoneksi dengan tujuh kanal sebagai inputnya yakni kliping digital, Twitter, Facebook, SMS Gubernur, Call Center 112, aplikasi lapor dan Qlue.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved