Pelaksanaan Urban Farming di Taman BMW Tunggu Master Plan

Pemkot Jakarta Utara memanfaatkan sebagian lahan Taman BMW, di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk urban farming atau pertanian kota.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Taman BMW untuk aktivitas warga di Jakarta Utara. 

WARTA KOTA, TANJUNGPRIOK-Pemerintah Kota Jakarta Utara memiliki keinginan memanfaatkan sebagian lahan Taman BMW, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk urban farming atau pertanian perkotaan. 

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. 

"Udah ada pembicaraan secara lisan kepada Kadis KPKP untuk gunakan lahan Taman BMW jadi pertanian perkotaan, mungkin beberapa hektar. Kita berharap tanah yang ada bisa dipakai urban farming," kata Junaedi, Sabtu (30/9/2017). 

Junaedi menambahkan apabila hal itu terwujud, tanaman seperti cabai dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk memperoleh hasilnya. "Jadi ketika akan panen bisa ada kehadiran Pak Gubernur," sambungnya. 

Sementara itu Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara menyambut baik adanya rencana tersebut.

Hanya saja ada sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu. 

Pasalnya diperlukan kepastian terlebih dahulu apakah di atas lahan seluas 16 hektar itu ada sebagian tempat yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian perkotaan. 

"Jadi udah disampaikan ke Pak Wali, kita dinas minta ada master plan Taman BMW. Kalau ada dimana, kan itu dominannya untuk fasilitas plahraga. Pada prinsipnya kita siap dukung asal ada kejelasan," kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala. 

Dengan adanya master plan yang baik, diharapkan keinginan untuk membuat urban farming di Taman BMW bisa menjadi kenyataan dan mampu bertahan lama. 

"Kita nggak mau buang-buang uang aja. Nanti udah dbangun (Taman BMW), tanaman kita dibuang percuma, yang jelas yang siap anggarannya dari dinas," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved