Korupsi Kepala Daerah

Rita Widyasari, Salah Satu Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari sebagai tersangka.

Rita Widyasari, Salah Satu Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP
Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Mulawarman di Samarinda, beberapa waktu lalu. Bupati Cantik tersebut kini tengah berurusan dengan KPK terkait kasus korupsi yang menimpanya. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari sebagai tersangka.

"Ibu Rita Widyasari itu ditetapkan sebagai tersangka betul, tapi bukan OTT (operasi tangkap tangan)," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Laode mengatakan, penetapan tersangka Rita Widyasari tersebut dilakukan melalui pengembangan penyelidikan yang dilakukan KPK.

Baca: Rita Widyasari: Bagaimana Mau Klarifikasi, Saya Masih Belum Yakin Masalahnya Apa

Dalam catatan Tribunnews.com, bupati perempuan pertama di Kalimantan ini pernah mendapatkan predikat salah satu wanita paling berpengaruh di Indonesia.

Rita Widyasari mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), sebagai tokoh inovatif dalam menciptakan kreativitas maupun usaha pembangunan, bidang pendidikan, sosial, kreativitas, hingga kesetaraan gender.

Karena prestasi itulah, Rita mendapat penghargaan sebagai wanita berpengaruh di Indonesia, yaitu kategori penghargaan Spesial Mention as Best Influential Women of The Year 2017.

Baca: KPK Geledah Kantor Dinas PU Kukar, Pegawai Tak Boleh Keluar

"Penghargaan ini akan menjadi tambahan motivasi saya untuk bekerja lebih baik lagi, terutama dalam meningkatkan harkat martabat perempuan," kata Rita seperti dimuat Tribun Kaltim, Minggu (27/8/2017)

Menurutnya, perempuan harus menjadi contoh yang dapat menginspirasi banyak orang, namun tidak melupakan kodratnya sebagai wanita sejati.

"Saya berharap banyak perempuan-perempuan bangkit sesuai dengan kapasitasnya, dan memberikan kontribusi bagi pembangunan negeri ini," ujarnya.

Baca: PAN Usul Jokowi Minta Saran Para Mantan Presiden untuk Tuntaskan Masalah yang Sulit Diselesaikan

Ada banyak program yang diciptakan Rita dalam memajukan kaum perempuan, salah satunya program bantuan dana tanpa bunga yang diberikan kepada sejumlah kelompok usaha perempuan, yang dikenal dengan nama Kelompok Usaha Bersama Perempuan.

Di dunia pendidikan, Rita juga membuat program peningkatan mutu dengan mengirim guru-guru di Kukar, untuk menimba ilmu di Inggris.

Untuk level nasional, Rita dipercaya menjadi bendahara kontingen Indonesia di SEA Games 2017 di Malaysia. (*)

Penulis: Sri Handriyatmo Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved