Breaking News:

Isu Kebangkitan Komunis

Cristine Hakim tentang Film G30S: Ada Fakta Sejarah yang Tak Terungkap

Aktris senior terkemuka Indonesia, Christine Hakim, menilai adanya fakta-fakta sejarah yang tidak terungkap dalam film Pengkhiantan G30S/PKI.

Editor:
youtube.com
Christine Hakim 

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Aktris senior terkemuka Indonesia, Christine Hakim, mengemukakan bahwa ada fakta-fakta sejarah yang tidak terungkap dalam film Penumpasan Pemberontakan G30S/PKI.

"Karena kita tahu film itu kontroversial dan dibuat untuk program propaganda di masa Orde Baru. Ada juga fakta-fakta sejarah yang tidak terungkap," katanya seusai diskusi bertajuk "Setelah Teguh Karya" di Jakarta, Jumat.

Peraih sejumlah penghargaan di dunua akting ini pun yakin bahwa jika film yang berkaitan dengan kejadian tahun 1965 itu dibuat kembali dengan data-data sejarah yang lebih kuat dan luas, masyarakat bisa memperoleh manfaat yang sangat besar.

"Jadi saya sangat mendukung sekali untuk G30S/PKI (dibuat kembali), yang judulnya bisa apa saja, tetapi kejadian saat itu, memang bisa diungkap dari perspektif yang lain sejauh data-datanya bisa dipertanggungjawabkan," kata orang Indonesia pertama yang menjadi juri dalam Festival Film Cannes di Perancis ini.

Aktris Indonesia pertama yang bermain untuk film Hollywood berlatar Bali yang berjudul Eat,Pray,Love, bersama artis Julia Roberts ini mencontohkan film Kartini karya Sjuman Djaya pada 1982 yang dibuat ulang oleh Hanung Bramantya dengan judul serupa pada 2017.

"Dan justru dengan di-remake lagi, itu membuat masyarakat bertambah pengetahuannya tentang sejarah karena banyak sekali fakta sejarah yang belum terungkap," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved