Soal Garasi, Ditlantas Belum Diajak Bicara

Ditlantas Polda Metro Jaya belum diajak bicara tentang pelaksanaan syarat kepemilikan garasi untuk mendapatkan STNK di Jakarta.

Soal Garasi, Ditlantas Belum Diajak Bicara
Warta Kota
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH-Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Pol Halilm Pagarra, mengatakan bahwa syarat memiliki garasi memang belum disebut dalam penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Hingga kini syarat penerbitan itu hanya berupa faktur kendaraan dan cek fisik.

"Kalau saya bilang kan registrasi dan identifikasi, aturan itu ya ada. Kalau itu memang dari Perda mungkin di bidang pajaknya boleh-boleh saja. Tapip di kita aturan yang itu hanya harus registrasi dan identifikasi, harus ada faktur dan cek fisik," kata Halim ketika dihubungi, Selasa (19/9/2017).

Karena itu jika memang ada aturan harus memiliki garasi, menurut Halim harus dibahas terlebih dahulu bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Namun sampai saat ini belum ada pembahasan tersebut.

"Bukan kami tidak setuju, kami belum diajak bicara Pemerintah Daerah. Kalau itu memang dari Perda mungkin di bidang pajaknya boleh-boleh saja," katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggencarkan penerapan Peraturan Daerah (Perda) Pemprov DKI No 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

Dalam Perda itu para pemilik kendaraan wajib memiliki garasi. Jika memarkirkannya di jalan pemukiman, maka akan diderek dan didenda Rp 500.000 per hari.

 Perda tersebut membahas kewajiban memiliki garasi pada Pasal 104 ayat 1.

Pasal itu berbunyi, setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi. 

Lalu, ayat 2, setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.

Kemudian ayat 3, setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermtor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved