Ingin Tahu Tumbuh Kembang Balita, Petugas Puskesmas Pakai Aplikasi e-Cinta

Pihak orangtua tak perlu khawatir, lantaran sejumlah petugas kesehatan Puskesmas Cilincing dapat menerangkan lebih jelas terkait pertumbuhan anak

Ingin Tahu Tumbuh Kembang Balita, Petugas Puskesmas Pakai Aplikasi e-Cinta
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Drg Leny Ariyani, di lokasi launching. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, CILINCING -- Pihak Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara serta Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, launching sebuah aplikasi yaitu Cara Indah Merangsang Tumbuh Kembang Anak (e-Cinta) di Lantai V Puskesmas Kecamatan Cilincing, Rabu (13/9), siang.

Aplikasi ini, diketahui untuk mendeteksi tumbuh kembang anak pasien di puskemas itu.

"Kegunaannya, untuk mempermudah orangtua, petugas untuk bisa memantau tumbuh kembang anak. Biasanya kan kita dan orangtua itu pakai paper (dokumen) atau catatan, fotokopi, serta modul-modul yang tebal. Sebenarnya sih inti di aplikasi itu, mempermudah memantau tumbuh kembang si anak lewat handphone. Kami ingin menjaring sebanyak mungkin, deteksi tumbuh kembang balita. Kalau ada penyimpangan dan pertumbuhan kalau tidak diintervensi, diterapi sejak dini kedepannya ya pertumbuhannya jadi sulit," papar Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Drg Leny Ariyani di lokasi launching.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Drg Leny Ariyani di lokasi launching.
Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Drg Leny Ariyani di lokasi launching. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Dikatakan Leni pertumbuhan masa emas anak diperkirakan 0-6 tahun.

Pada aplikasi ini, pihak orangtua tak perlu khawatir, lantaran sejumlah petugas kesehatan Puskesmas Cilincing dapat menerangkan lebih jelas terkait pertumbuhan anak ke orangtua bersangkutan, lewat aplikasi e-Cinta tersebut.

"Jadi yang memegang aplikasi tersebut, hanya petugas kesehatan dan rencananya guru-guru PAUD juga bisa menggunakannya. Guna untuk mengetahui bagaimana sih anak umur segini itu harusnya sudah bisa berdiri atau tidak. Lalu lingkar kepala anak bagaimana, tubuh si anak, dan berat badannya berapa. Biasanya itu pakai modul tebal-tebal, nah sekarang diperkecil lagi dengan handphone. Mau itu guru PAUD, bidan, juga bisa pakai aplikasi itu. Orangtua, juga tak perlu lagi ke Puskesmas yang hanya ingin tahu tumbuh kembang si anak. Lewat guru di PAUD, juga bisa," katanya. (*)

Aplikasi e-Cinta.
Aplikasi e-Cinta. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)
Jajaran Pemkot Jakarta Utara dan puskesmas saat launching sebuah aplikasi yaitu Cara Indah Merangsang Tumbuh Kembang Anak (e-Cinta) di Lantai V Puskesmas Kecamatan Cilincing, Rabu (13/9) siang.
Jajaran Pemkot Jakarta Utara dan puskesmas saat launching sebuah aplikasi yaitu Cara Indah Merangsang Tumbuh Kembang Anak (e-Cinta) di Lantai V Puskesmas Kecamatan Cilincing, Rabu (13/9) siang. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)
Penulis: Panjibaskhara
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved