Di Jakarta Mudah Didapati Pemilik Mobil Ngaku Tak Tahu bahwa Punya Garasi itu Wajib

Di Jakarta mudah didapati warga pemilik mobil yang mengaku belum tahu bahwa pemilik kendaraan harus punya garasi.

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, baru saha memperingatkan masyarakat terkait penerapan Perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

Perda Transportasi ini menyebutkan bahwa masyarakat yang memiliki kendaraan harus memiliki garasi. Namun di Jakarta mudah ditemui warga pemilik mobil yang mengaku belum mengetahui hal tersebut.

Menanggapi pertanyaan Warta Kota, Fajar (46), warga yang tinggal di Jalan Salemba Tengah, mengaku tak tahu perihal adanya kewajiban memiliki lahan garasi untuk kendaraan roda empat.

"

Namun ketika dijelaskan bahwa Perda tersebut belum memiliki konsekuensi hukum, Fajar menyatakan gang jalan menuju kediamannya tak cukup untuk dilewati mobil.

"Sekarang begini, Pemprov juga nggak bisa memaksakan sesuatu yang nggak mungkin dong. Kami parkir di sini (pinggir jalan) karena memang mobil saja nggak bisa masuk gang. Punya garasi pun percuma kalau mobil aja nggak bisa masuk gang," ujarnya.

Senada dengan Fajar, Kevin (39) warga Jalan Paseban menyatakan warga sekitar hanya memanfaatkan lahan di pinggir jalan sebagai tempat parkir pada malam hari setelah pulang dari tempat kerja.

"Parkir hanya malam saja. Pagi kan berangkat kerja. Jadi saya rasa nggak begitu mengganggulah kalau malam. Misalnya mobil kami hilang karena parkir di pinggir jalan itu memang risikonya," kata Kevin.

Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Kota Administrasi Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak, menyatakan penegakan Perda Nomor 5 merupakan hal wajar. Apalagi perda tersebut telah ditetapkan sejak tiga tahun lalu.

"Ya wajar saja kalau memang harus diterapkan. Namanya juga peraturan. Lagipula kan memang dibuat sudah lama. Baru sekarang didengung-dengungkan," ungkap Harlem.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved