Tak Cuma Manusia, Pohon-pohon di Tangerang Juga Punya e-KTP

Menurut Tihar, program ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada warga. Sehingga, masyarakat bisa merawat pohon-pohon yang dikenalinya ini.

Tak Cuma Manusia, Pohon-pohon di Tangerang Juga Punya e-KTP
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi 

WARTA KOTA, TANGERANG - Pohon-pohon di lingkungan Taman Kota Tangerang mendapat perlakuan khusus. Tak hanya manusia yang mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), pohon-pohon tersebut juga memiliki e-KTP.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kabid Pertamanan Kota Tangerang Tihar Sopian. Ia menjelaskan, e-KTP yang diberikan pohon-pohon ini berupa barcode atau kode.

"Sebanyak 200 pohon kami berikan e-KTP," ujar Tihar kepada Warta Kota, Selasa (5/9/2017).

Baca: Mendagri Minta Polri Ungkap Pemakai Jasa Kelompok Saracen

Pohon-pohon yang mempunyai barcode ini tersebar di sejumlah taman-taman tematik. Ia mengungkapkan, dengan pemberian e-KTP, dapat memudahkan masyarakat untuk mengenali tanaman tersebut.

"Program ini fungsinya sebagai edukasi," ucapnya.

Menurut Tihar, program ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada warga. Sehingga, masyarakat bisa merawat pohon-pohon yang dikenalinya ini.

Baca: Inilah Penampakan Mess Tempat Antonius Tonny Budiono Tidur Bareng Uang Rp 20 Miliar

"Melalui pemberian e-KTP, masyarakat dapat memperoleh informasi lengkap tentang pohon-pohon yang ada di Taman Kota Tangerang," kata Tihar.

Barcode tersebut tertera dari nama latin pohon, usia, dan informasi lainnya.

"Caranya hanya dengan melakukan pemindaian melalui aplikasi QR Scaner," jelasnya.

Baca: Terlalu Percaya, Pengusaha Hotel di Arab Saudi Ini Juga Jadi Korban Penipuan First Travel

Tihar menyebut, aplikasi ini juga terintegrasi dengan Sistem Informasi Operasional dan Manajemen (SIOM), dan Sistem Informasi Taman Tematik (SITANTE).

"Ini juga berguna dalam segi perawatan pohon. Kalau kita sudah tahu usia itu pohon, maka kami ambil keputusan tepat untuk melakukan penebangan, agar pohon-pohon itu tidak membahayakan jika nanti tumbang. Kemudian kami akan menanam pohon lagi," paparnya. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved