OTT Wali Kota Tegal

Habis Bertemu, Mendagri Kaget Wali Kota Tegal Ditangkap KPK

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku kenal baik dengan Siti Mashita Soeparno dan merasa kaget ketika Wali Kota Tegal itu ditangkap KPK.

Tribun Jateng
WALI KOTA Tegal Siti Masitha Soeparno 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku kenal baik dengan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT). Bahkan, beberapa waktu lalu ia sempat bertemu dengan putri mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Soeparno, itu.

Oleh karena itu, ia pun kaget dan tidak menyangka, Siti Mashita diciduk lembaga anti-rasuah.

"Wali Kotanya (Siti Masitha) habis ketemu Saya di Rakor wanita Golkar. Sedih dan prihatin. Saya kenal baik dan tidak menyangka," kata Tjahjo melalui pesan singkatnya, Selasa (29/8/2017).

Baca: Wali Kota Tegal Tertangkap KPK Usai Pimpin Rapat

Dengan kejadian itu, ia pun mengimbau kepada semua pihak, agar lebih memahami area yang ramah akan korupsi.

Tjahjo lalu mengatakan, Kementerian Dalam Negeri akan segera menunjuk Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Nur Sholeh sebagai Plt Wali Kota. Penunjukan itu agar jalannya roda pemerintah di kota yang menjadi "Eksportir" Warung tegal (Warteg) itu tidak terganggu.

"Agar jalannya pemerintahan di pemerintah kota (Tegal) tetap berjalan seperti biasa," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Meski demikian, sampai saat ini Tjahjo mengaku masih menunggu keterangan resmi dari lembaga anti-rasuah terkait OTT yang baru saja dilakukan kepada jajarannya di daerah.

"Sikap secara resmi belum. Menunggu pengumuman resmi KPK saja dulu," tutup dia.

Baca: Wali Kota Tegal yang Terkena OTT KPK Anak Mantan Dirut Garuda Indonesia

Membenarkan

Diketahui, Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan OTT yang dilakukan pihaknya kepada Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno.

"Instropeksi bagi semuanya, khususnya saya untuk lebih memahami terkait area rawan korupsi," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut.

Baca: BREAKING NEWS: Wali Kota Tegal Terkena OTT KPK, Ganjar: Saya Sedih

Siti Masitha bersama dengan Wakil Wali Kota Muhammad Nur Sholeh merupakan Kepala Daerah Kota Tegal hasil pemilihan tahun 2013. Ia dilantik pada 23 Maret 2014 menggantikan Ikmal Jaya yang sebelumnya ditangkap juga oleh KPK karena korupsi pelaksanaan tukar guling (ruilslag) tanah.

Hingga saat ini KPK belum memberikan informasi detil terkait perihal penangkapan tersebut. Siti masih dalam pemeriksaan intensif KPK. Rencananya, KPK akan menggelar konferensi pers pada Rabu (30/8/2017) ini. (Moh. Nadlir)

Artikel ini sudah diunggah di Kompas.com dengan judul: Mendagri Kaget Wali Kota Tegal Siti Mashita Ditangkap KPK

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved