Alice Norin Sebut Kanker Serviks Menular lewat Hubungan Seks

Apalagi aku punya anak cewek. Ini aja mau ke dokter harus vaksin. Vaksin itu penting, aku engga mau telat

Alice Norin Sebut Kanker Serviks Menular lewat Hubungan Seks
Arie Puji Waluyo
Alice Norin 

WARTA KOTA, PRAPANCA - Bintang sinetron dan film Alice Norin (30) mengatakan bahwa kanker serviks bisa dicegah dengan melakukan vaksin organ intin secara rutin.

Alice mengakui bahwa setelah vaksin, setiap orangnya masih bisa terkena kanker. Tetapi, lebih baik untuk mencegah sebelum terkena kanker yang cukup parah.

"Menurut aku apa yang bisa kita cegah, kita cegah. Aku sangat enggak anti vaksin. Aku selalu menganjurkan orang buat vaksin. Karena kalau kita bisa mencegah kenapa engga," kata Alice Norin.

Hal itu ia katakan ketika ditemui di Kantor Walikota Jakarta Selatan, di kawasan Prapanca, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (28/8/2017).

Ibu satu anak itu menambaahkan, jika tidak mencegah mulai sekarang, kanker serviks sangat berbahaya bagi setiap orang, karena masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia.

"Karena kalau udah kena (kanker serviks, udah susah. Kalaupun bisa ditreatmen pasti uang bakal keluar banyak, terus waktunya dan belum tentu sembuh," ucapnya.

"Apalagi aku punya anak cewek. Ini aja mau ke dokter harus vaksin. Vaksin itu penting, aku engga mau telat," tambahnya.

Menurut wanita kelahiran Norwegia, 21 Juni 1987 ini, penyebab kanker serviks berasal dari hubungan seksual yang rutin, karena menular melalui kulit.

"Tapi beda yah sama HIV. HIV itu kan menularnya lewat darah jadi memang harus gak boleh kontak lewat cairan. Kalau ini (kanker serviks, lewat kulit. Jadi kita enggak kena aja bisa kena. Kemudian ada faktor-faktor lain. Jadi makanya kalau belum behubungan udah pasti belum kena dan yang udah berhubungan (intim) harus vaksin," jelasnya.

Lanjut Alice, rupanya masih banyak orang terutama teman-teman dan sahabatnya yang belum mengetahui, mencegah kanker serviks melalui vaksin.

Selain itu, teman-temannya masih takut dan malu-malu untuk melakukan pemeriksaan organ intimnya ke dokter.

"Banyak juga yang malu untuk cek. Karena kalau cek kan dokternya harus melihat dan dia harus membersihkan daerah (intim) itu kan. Jadi banyak yang malu dan takut. Makanya perlu edukasi mengenai kanker. Intinya lebih penting sehat daripada sakit," ujar Alice Norin. (Arie Puji Waluyo)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved