Cegah Bahan Pangan Berbahaya, Sudin KPKP Gelar Sidak Rutin Sejumlah Pasar

Jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur kembali sidak pengawasan keamanan pangan terpadu di lima pasar modern, Kamis

Joko Supriyanto
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur melakukan inspeksi mendadak pengawasan keamanan pangan terpadu di lima pasar modern yang ada di Jakarta Timur, Kamis (24/8/2017). 

WARTA KOTA, CAKUNG - Jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur kembali melakukan inspeksi mendadak pengawasan keamanan pangan terpadu di lima pasar modern yang ada di Jakarta Timur, Kamis (24/8/2017).

Adapun pasar moderen yang disidak diantaranya Giant Cakung, Tip Top Pondok Bambu, Lulu Hypermarket, Ramayana Cijantung, Naga Ciracas.

Dalam pemeriksaan laboratorium yang dilakukan BPOM Provinsi DKI Jakarta dari jumlah sampel di ambil 225 jumlah sampel di uji 250 negatif dan tidak ditemukan kandungan zat berbahaya.

Kasudin KPKP Jakarta Timur, Agung Primbodo mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihaknya untuk memastikan bahan pangan khususnya di Jakarta Timur bebas dari zat berbahaya atau kadaluarsa.

Baca: Syahrini Bungkam soal First Travel

"Dari lima lokasi yang kami sidak hari ini, semuanya dinyatakan negatif dari zat berbahaya, jadi 100 persen aman," kata Agung, Kamis (24/8).

Menurutnya dengan tidak ditemukan zat berbahaya disuatu produk makanan, hal tersebut diyakini pemilik pasar moderen telah melakukan perintah dengan sesuai prosedurnya.

Sementara itu yang diambil dari produk peternakan seperti daging ayam dan usus ayam.

Produk perikanan seperti ikan asin, ikan tuna, cumi dan olahan ikan dan produk pertanian seperti jeruk, apel, anggur, pear, tomat, berbagai sayuran dan beras.

Baca: BPRD DKI Lakukan Sistem Door To Door, Perpajakan DKI Meningkat

Ia pun berpesan, agar masyarakat lebih teliti sebelum membeli produk makanan, dan diharapkan membeli ditempat yang sudah ada pengawasan dari pemerintah, baik dari pasar tradisional ataupun pasar modern.

“Saya himbau kepada kepala PD Pasar dan kepala Pasar Modern terus melakukan pengawasan rutin agar semua makanan di Jakarta Timur bebas dari zat berbahaya,” katanya. (Joko Supriyanto)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved