BPJS Kesehatan Goes To Customer, Cara Ampuh Edukasi Peserta JKN-KIS

Selain itu, dihadirkan pula narasumber eksternal yakni dr. Muhammad Fahrisal Arief, seorang dokter umum yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Tebet.

BPJS Kesehatan Goes To Customer, Cara Ampuh Edukasi Peserta JKN-KIS
Warta Kota/Feryanto Hadi
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terhadap prosedur, hak dan kewajiban serta program peningkatan layanan yang tengah dikembangkan, BPJS Kesehatan menggelar sebuah kegiatan bertajuk ‘BPJS Kesehatan Goes To Customer’. 

WARTA KOTA, PANCORAN - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terhadap prosedur, hak dan kewajiban serta program peningkatan layanan yang tengah dikembangkan, BPJS Kesehatan menggelar sebuah kegiatan bertajuk ‘BPJS Kesehatan Goes To Customer’.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak di seluruh Kantor Cabang dan kantor Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan pada tanggal 21 Agustus 2017 sd 31 Agustus 2017 dan mengangkat tema ‘Mengerti, Memahami dan berpartisipasi dalam program JKN-KIS’.

Termasuk di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan, dimana pada Kamis (24/8) sekitar 100 orang dari berbagai latar belakang hadir dalam kegiatan yang berlangsung di kantor Jalan Pasar Minggu Raya, Pancoran, Jakarta Selatan.

Desfauzi Umar selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor Cabang Jakarta Selatan ditemui di sela acara menyatakan, tidak hanya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah saja, akan tetapi segmen Penerima Bantuan Iuran (APBN/APBD), Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara, Pekerja Penerima Upah Non Penyelenggara Negara dan Bukan Pekerja juga menjadi sasaran peserta dari kegiatan ini dengan proposi dari masing-masing segmen sebesar 25 persen.

"Jadi tadi anda lihat ada dari berbagai kalangan, ada dari swasta, BUMN. Ada polisi, TNI hingga masyarakat umum. Untuk jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 200 peserta per kabupaten atau kota," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Customer di BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan ini dibagi dua tahap, tahap pertama pada tanggal 24 Agustus yang dihadiri oleh 100 Peserta JKN KIS dari berbagai sektor dan tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus mendatang.

Dalam kesempatan itu, Desfauzi Umar menyampaikan sejumlah materi kepada peserta meliputi overview program JKN KIS, prosedur pelayanan kesehatan, hak dan kewajiban peserta, tata cara pembayaran Iuran, kanal pendaftaran dan perubahan data peserta dalam program JKN-KIS, BPJS Kesehatan care center 1500400 serta screaning riwayat kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN.

Selain itu, dihadirkan pula narasumber eksternal yakni dr. Muhammad Fahrisal Arief, seorang dokter umum yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Tebet.

"Jadi pada umumnya banyak peserta JKN-KIS yang belum sepenuhnya mengerti apa saja hak dan kewajibannya menjadi peserta. Di kegiatan ini harapan kami peserta jadi makin paham terkait hal tersebut," imbuhnya.

Ia menambahkan, saat ini Kantor Cabang Jakarta Selatan telah bermitra dengan 134 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 75 Puskesmas, 40 Klinik Pratama Swasta, 10 Klinik Pratama TNI dan 9 Klinik Pratama Polri.

Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan juga telah bekerja sama dengan 49 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 26 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 2 Klinik Utama), 17 Apotek, serta 6 Optik.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved