Banyak Insiden Merugikan di SEA Games 2017, Tim Futsal Indonesia Berusaha Santai

Banyak insiden merugikan Indonesia, pelatih timnas futsal Indonesia tidak ingin membebani anak asuhnya menjelang laga dengan Malaysia.

KUALA LUMPUR, SENIN -- Asisten pelatih timnas futsal Indonesia, Yori van der Torren, menyatakan tidak ingin membebani anak asuhnya menjelang pertandingan melawan Malaysia, Selasa (21/8) besok.

Ia tak ingin Ardiansyah Runtuboy dan rekan-rekannya terbebani oleh serentetan kejadian tak mengenakkan yang menimpa Indonesia di SEA Games 2017.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan tuan rumah Malaysia tengah bersitegang sejak pembukaan SEA Games 2017 tanggal 19 Agustus kemarin.

Setelah insiden pencetakan bendera terbalik pada buku panduan SEA Games 2017, perseteruan kian memanas setelah tim sepak takraw putri Indonesia mengambil langkah WO (Walk Out) karena merasa dicurangi wasit.

Bermain melawan tim tuan rumah di kandang mereka, Yori tak memungkiri anak asuhnya bakal mendapat tekanan dari suporter Malaysia.

Ditambah lagi, Indonesia dan Malaysia diketahui punya hubungan tidak mesra sejak puluhan tahun lalu. Sentimen kenegaraan satu sama lain pun harus diakui masih tercium kuat.

Karenanya, bukan tak mungkin suporter Malaysia bakal mengerahkan semua daya dan upaya mereka untuk merusak permainan Indonesia.

"Anak-anak hari ini kami minta liburan dulu. Kebetulan hari ini tak ada pertandingan juga. Biar mereka rileks dulu sebelum pertandingan berat lawan Malaysia besok, " kata Yori.

Sembari tim menikmati waktu senggang, Yori dan staf kepelatihan memutar otak untuk menentukan strategi yang pas melawan tim Negeri Jiran.

Kondisi tim futsal Indonesia yang terjun ke SEA Games 2017 dengan kondisi seadanya dan tanpa latihan memadai pun menjadi tantangan sendiri buat Yori.

Mantan pemain timnas futsal Belanda itu mengatakan, ia tetap meminta tim untuk bermain lepas, siapapun lawannya.

"Saya bilang kalau mereka tidak usah pikirkan masalah yang ada, baik yang sudah lewat maupun yang masih jalan sekarang. Mereka harus tetap konsentrasi main bagus, " kata Yori.

Yori pun yakin bahwa meski di bawah tekanan suporter lawan, pasukannya bisa bermain dengan semangat membara.

Kemenangan 4-2 atas raksasa futsal Asia, Thailand kemarin diyakini Yori bakal menjadi sumber kekuatan dan motivasi tersendiri.

Penulis: z--
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved