Meikarta, dari Kereta Cepat hingga Pelabuhan dan Bandara

Lokasi kawasan kota baru Meikarta sangat strategis. Apalagi dengan adanya enam proyek infrastruktur pemerintah yang berdekatan dan melewati Meikarta.

Meikarta, dari Kereta Cepat hingga Pelabuhan dan Bandara
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
PROYEK INFRASTRUKTUR --- Kawasan Kota Meikarta yang baru grand launching Kamis (17/8/2017) sangat strategis dengan adanya enam proyek infrastruktur pemerintah seperti bandara dan pelabuhan. 

WARTA KOTA, CIKARANG --- Kota Baru ‘Meikarta’ di Cikarang, Kabupaten Bekasi, hadir di lokasi yang strategis karena berdekatan dengan sejumlah proyek infrastruktur prioritas pemerintah. Setidaknya akan ada enam proyek infrastruktur pemerintah yang berdekatan dan melewati Meikarta.

Proyek pertama yaitu kereta cepat Jakarta-Bandung. Menurut Jopy, Meikarta berada di tengah-tengah antara Jakarta dan Bandung sehingga masyarakat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk ke Jakarta atau ke Bandung.

Baca: Meikarta, Kota Baru Terlengkap di Asia Tenggara

"Kereta api express Jakarta-Bandung yang akan membuat perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya 39 menit. Kebayang kalau Meikarta ada di tengah-tengah. Jadi 20 menit bisa ke Jakarta, 20 menit bisa ke Bandung," kata Chief Marketing Officer (CMO) Lippo Homes Jopy Rusli, saat peresmian kota baru tersebut di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (17/8).

Kedua, Patimban Deep Sea Port, yakni pelabuhan yang dalam, di mana nantinya kapal-kapal besar dapat berlabuh di sana. Pelabuhan ini diyakini bakal menjadi pelabuhan internasional khususnya untuk ekspor impor lantaran lokasinya yang berada di dekat kawasan industri.

"Di Patimban itu, kapal besar langsung bisa merapat dan ini akan membantu ekspor impor daerah sini, jadi tidak usah capek ke Tanjung Priok," jelas dia.

Baca: Semangat Kemerdekan di Grand Launching Meikarta

GRAND LAUNCHING- Lippo Group menghelat acara Grand Launching Meikarta di MaxxBox Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, bertepatan dengan HUT ke-72 RI, Kamis (17/8/2017).
GRAND LAUNCHING- Lippo Group menghelat acara Grand Launching Meikarta di MaxxBox Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, bertepatan dengan HUT ke-72 RI, Kamis (17/8/2017). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Ketiga, Bandara Kertajati, yang akan menjadi bandara internasional. Ini juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan asing dan ekspatriat.

Keempat dan kelima yaitu akan adanya pembangunan moda transportasi Light Rail Transit (LRT) dan Monorail. Khusus untuk monorail, akan dibangun mengelilingi kawasan-kawasan industri di sekitar Meikarta dan tersambung dengan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung.

Keenam, pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek.‎ Semua infrastruktur tersebut, lanjut Jopy diperkirakan akan selesai pada 2019-2020.

"Jadi enam infrastruktur itu semua jadinya 2019-2020. dekat sekali. Tambah lagi, kalau ke Meikarta itu dari tol langsung sampai. Karena kita punya direct toll access yakni keluar pintul tol Cibatu km 34,7. Direct toll access mempermudah akses ke Meikarta," tandasnya.

Meikarta juga akan dilengkapi jalan bertingkat empat (4 layer road network) yang akan membantu melancarkan lalu lintas penghuni di Meikarta dengan lebar jalan mulai dari 30 meter (6 jalur), 48 meter (8 jalur), dan 60 meter (10 jalur). (Mochammad Dipa)

6 Proyek Infrastruktur Pemerintah

1.       Kereta Cepat Jakarta-Bandung

2.       Patimban Deep Sea Port (pelabuhan dalam untuk kepal-kapal besar)

3.       Bandara Kertajati

4.       Light Rail Transit (LRT)

5.       Monorail

6.       Tol layang Jakarta-Cikampek 

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved