Nadine Chandrawinata Perjuangkan Hak Hidup Lumba-lumba

Aktris sekaligus model Nadine Chandrawinata (33) mengatakan, merdeka adalah sebuah kebebasan tanpa menyinggung siapa pun.

Warta Kota/Nur Ichsan
Nadine Chandrawinata 

WARTA KOTA, SENAYAN - Aktris sekaligus model Nadine Chandrawinata (33) mengatakan, merdeka adalah sebuah kebebasan tanpa menyinggung siapa pun.

Hal tersebut dilontarkan Nadine, ketika ditanya arti kemerdekaan.

"Merdeka artinya kan bebas, artinya bagaimana kita berbicara dan mendapat kebebasan kita tanpa menyinggung siapa pun," kata Nadine Chandrawinata saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca: Berkicau Pendukung Penista Agama Perlu Diludahi, Polisi Bakal Panggil Ahmad Dhani

Nadine menambahkan, setiap generasi harus memperjuangkan apa yang masih bisa diperjuangkan.

"Ini aku lihat perjuangan dari pejuang zaman dulu. Mereka kan perjuangkan sesuatu dengan komitmen. Nah, komitmen itu yang kita terapkan di diri masing-masing," ucapnya.

Model yang saat ini tengah fokus mengenai masalah lingkungan hidup itu, akan menjadi pembicara dalam sebuah acara beberapa waktu ke depan, untuk membicarakan mengenai kemerdekaan kelautan.

Baca: Cilincing Paling Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Jakarta Utara

"Untuk 17 (Agustus) ini aku akan speak out tentang dolphin atau tentang sirkus lumba lumba keliling. Kebetulan aku dan dari Seasoldier juga akan speak out. Enggak cuma hak manusia saja, tapi hak makhluk hidup lain juga perlu diperjuangkan," tuturnya.

"Aku juga udah ngomong ke Dirjen Kelautan dan Perikanan, dan mereka akan bantu perizinan sirkus lumba-lumba keliling," sambungnya.

Menurut Nadine, jika masyarakat ingin melihat lumba-lumba, mereka harus meningkatkan pariwisata laut di Indonesia.

Baca: Buwas: Malaysia Tidak Care dengan Kerja Sama Pemberantasan Narkoba

"Sekarang masih ada banyak lumba-lumba. Tapi kalau ingin lihat lumba lumba lebih baik ke laut, selain meningkatkan pariwisata kita, itu juga bagus untuk edukasi anak-anak dan bisa jadi short trip mereka," paparya.

Nadine mengungkapkan, lumba-lumba yang dipekerjakan manusia di tempat-tempat hiburan, matanya buta.

"Lumba-lumba mukanya emang udah senyum, padahal enggak senyum. Karena airnya dari chlorine, mata mereka buta, terus dikasih mentega supaya tidak terbakar kulitnya," beber Nadine Chandrawinata. (*)

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved