Adanya Dermaga Apung, Nelayan Jadi Mudah Senderkan Kapal

Sebelum adanya perbaikan ya. dermaga ini kapal cukup sulit bersandar akibat dangkalnya Kali Cakung Drain

Adanya Dermaga Apung, Nelayan Jadi Mudah Senderkan Kapal
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sejumlah kapal nelayan sandar di dermaga apung Cakung Drain. 

WARTA KOTA, CILINCING - Sejumlah nelayan yang tinggal di Kawasan Cakung Drain, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, nampak sumringah di saat Dermaga Apung Cakung Drain, rampung dibangun oleh pemerintah.

Beberapa nelayan di lokasi mengaku senang, lantaran sebelum adanya dermaga apung mengaku sulit disaat menyenderkan kapal.

"Memang pak, banyak lumpur dan sampah, di dermaga ini. Jadi sering tersangkut kapal kami saat mau disandarkan. Sekarang, enggak lagi. Malah mudah mau bongkar muat tangkapan ikan, bisa langsung ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sudah mudah aksesnya," kata seorang nelayan ikan tradisional Cilincing, Maman (31), pada Selasa (15/8/2017).

Sementara, Ketua Asosiasi Nelayan Kalibaru, Cilincing dan Marunda (KCM), Kubil, mengakui para nelayan saat ini sangat merespon adanya pembangunan dermaga apung.

Dermaga juga akan menjadi tumpuan bagi sejumlah nelayan pesisir Utara Jakarta

"Dermaga ini membantu menyandarkan kapal untuk melelang hasil tangkapan ikan nelayan-nelayan di sini. Sebelum adanya perbaikan ya. dermaga ini kapal cukup sulit bersandar akibat dangkalnya Kali Cakung Drain," jelasnya.

"Banyak kapal nelayan yang kerap kandas pak akibat baling-baling kapal tersangkut sampah dan lumpur. Seringkali seperti itu. Jikalau saat ini sudah bisa merapat sampai ke sisi jalannya inspeksi kali Cakung Drain. Nelayan bisa lebih cepat menurunkan hasil tangkapan dari kapal ke TPI Cilincing," ungkapnya kembali.

Penulis:
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved