Pemkot Bekasi Duga Hacker Ubah Nama Jalan Jadi Dewi Perssik

Kalau pun salah penulisan, pasti ada di huruf bukan kata. Misalnya, Dewi Sartika menjadi Dewi Sartiko

Kompas.com
Jalan Dewi Sartika Kota Bekasi berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik dalam aplikasi Google Maps, Bekasi, Senin (7/8/2017). (KOMPAS.COM/Anggita Muslimah) 

WARTA KOTA,BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi menduga ada hacker atau peretas perangkat lunak yang mengubah-ubah nama jalan di wilayah setempat.

Ironinya, nama jalan yang diambil dari salah satu pahlawan Nasional ini, justru diubah menjadi nama pedangdut tanah air.

“Ada pihak yang jahil mengubah nama Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Persik di perangkat aplikasi Google Maps. Kami tidak bisa terima begitu saja,” ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pada Senin (7/8/2017) pagi.

Rahmat mengaku, telah memperoleh kabar adanya perubahan nama itu sejak Sabtu (5/8/2017) lalu dari aparatur.

Baca: Weew, Di Google Maps Ada Jalan Dewi Perssik Bukannya Jalan Dewi Sartika di Kota Bekasi

Saat itu, pegawainya melapor bahwa nama Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur berubah nama menjadi Jalan Dewi Persik.

“Kami sudah membuat surat kepada pihak berwenang dalam aplikasi itu untuk meminta klarifikasi. Mau ngasih nama jalan saja butuh waktu dan proses, masak ini main diganti-ganti saja,” kata Rahmat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, dr. Titi Masrifahati mengaku belum mengetahui alasan operator Google mengubah nama jalan tersebut.

Saat ini pihaknya telah melayangkan surat permintaan klarifikasi adanya perubahan nama jalan penghubung protokol Jalan Mayor Hasibuan dengan Jalan Ir. H. Djuanda tersebut.

“Saya sempat kontak operatornya langsung, tapi belom direspon,” kata Titi.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved