VIDEO: Mencoba bus Transjabodetabek Bekasi-Bundaran HI

"Ini bus kedua yang berangkat, tadi yang pertama sudah, kita pakai pengawalan akan masuk tol dan keluar di Semanggi," ujar kenek bus Transjabodetabek,

WARTA KOTA, JAKARTA-  Bus Transjabodetabek trayek Bekasi-Bundaran HI mulai uji coba selama dua minggu, sejak Kamis (27/7/2017). Walaupun masih dalam masa uji coba, bus tersebut mengangkut para penumpang dari Bekasi ke Bundaran HI dan sebaliknya.

Penumpang bisa naik bus ini dari Summarecon Bekasi atau dari halte Bus dekat Gerbang Tol Bekasi Barat dengan membayar tarif bus sebesar Rp 5.000.

Pantauan Kompas.com, pemberangkatan bus kedua dari Summarecon Bekasi sejak pukul 05.20 WIB, kemudian mengarah ke halte bus dekat pintu tol Bekasi Barat.

Setelah mengangkut penumpang, bus berangkat dari halte Bekasi Barat pada pukul 06.15 WIB dengan pengawalan voorijder dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Ini bus kedua yang berangkat, tadi yang pertama sudah, kita pakai pengawalan akan masuk tol dan keluar di Semanggi," ujar kenek bus Transjabodetabek, Sodikin (40) kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2017) pagi.

Setelah itu bus pun masuk ke jalur tol melalui Gerbang Tol Bekasi Barat. Selama perjalanan, bus mengikuti alur voorijder BPTJ dengan menggunakan lajur paling kiri atau bahu jalan di jalan tol.

Di dalam bus, para penumpang pun duduk di kursi yang sudah disediakan. Pagi itu, ada sekitar 19 penumpang yang ikut dalam perjalanan. Di dalam bus juga tersedia ruangan khusus wanita, ruang untuk difabel, tempat sampah, kotak P3K, dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC.

Sementara, untuk tiket bus sendiri belum ada tempat pembelian atau loket. Sehingga penumpang melakukan pembayaran di dalam bus, yang akan diminta oleh kernet bus, kemudian penumpang diberikan selembar tiket. 

Kemudian bus tersebut mulai memasuki area pintu tol dalam kota, bus tetap tersendat meski menggunakan voorijder karena kondisi jalan cukup macet. Selama 20 menit, bus ini harus menunggu antrian pembayaran tol dalam kota.

Setelah itu, bus mulai melaju lagi hingga keluar di pintu Semanggi. Sesampainya di Semanggi, bus Transjabodetabek ini tak lagi dikawalvoorijder, dan melanjutkan perjalanan melalui jalur lambat sampai Bundaran HI tiba pukul 07.40 WIB.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved