Citizen Journalism

Keselamatan Listrik (Electrical Safety) di Rumah Tinggal

Apa yang harus dilakukan pada saat ada rekan/anggota keluarga kita tersengat listrik? Yang pertama adalah menghilangkan kontak antara sumber listrik

Keselamatan Listrik (Electrical Safety) di Rumah Tinggal
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Suasana kebakaran di Villa Kapuk Mas II RT 001/003, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (8/5), sekitar 03.30 WIB. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Kecelakaan listrik yang menyebabkan kematian di rumah tangga sudah sangat sering terjadi, seperti yang terakhir terjadi di Bekasi yang diberitakan Warta Kota Sabtu 15 Juli 2017 halaman 9.

Menurut berita, korban tewas tersengat listrik saat hendak mencabut steker. Saat tersengat, kerabat korban sempat mencoba menolong namun ikut tersengat listrik.

Kerabat korban berhasil melepaskan diri dan mematikan arus listrik serta mematikan kompor di dapur. Nahas, korban terlanjur kehilangan nyawanya.

Menurut dugaan Kapolsek Tambun Komisaris Bobby, korban tersengat listrik Karena baut stop kontak terlepas.

Baut berbahan besi kemudian mengalirkan listrik ke tangan korban yang sedang mencabut steker tersebut.

Emergency Respon

Apa yang harus dilakukan pada saat ada rekan/anggota keluarga kita tersengat listrik? Yang pertama adalah menghilangkan kontak antara sumber listrik dan korban.

Dalam berita di atas, yang dilakukan oleh kerabat korban itu adalah langkah benar. Ia mematikan arus listrik rumah melalui Mini Circuit Breaker/ MCB.

Namun korban masih terhubung dengan saluran listrik. Kemungkinan masih ada sisa listrik yang mengaliri kabel.

Cara yang lebih tepat adalah tetap tenang, jangan sampai kita menjadi korban tambahan (collateral damage) jika hendak menyelamatkan keluarga kita. Pastikan pada saat kita hendak menolongnya, kita sendiri aman.

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved