Depok Terapkan Sistem Satu Arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara Mulai Sabtu

Jalan Dewi Sartika, yang tadinya dua arah, akan dijadikan searah yakni dari barat ke timur saja, atau hanya dari arah Sawangan menuju ke Jalan Margond

Depok Terapkan Sistem Satu Arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara Mulai Sabtu
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pengumuman rencana penerapan sistem satu arah di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika oleh Dishub Depok mulai Sabtu (29/7/2017) mendatang 

WARTA KOTA, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, akan menerapkan sistem satu arah (SSA) bagi para pengendara, di dua ruas jalan utama di Depok, yakni Jalan Dewi Sartika, dan Jalan Nusantara, di wilayah Pancoran Mas, Depok, mulai Sabtu (29/7/2017) mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana menuturkan dalam penerapan di Jalan Dewi Sartika, yang tadinya dua arah, akan dijadikan searah yakni dari barat ke timur saja, atau hanya dari arah Sawangan menuju ke Jalan Margonda atau Jalan Kartini saja.

Sementara di Jalan Nusantara akan dijadikan searah dari utara ke selatan saja, tepatnya mulai dari depan Jalan Melati sampai ke simpang Jalan Dewi Sartika dan Jalan Pitara.

Gambar rencana penerapan sistem satu arah di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika oleh Dishub Depok mulai Sabtu (29/7/2017) mendatang
Gambar rencana penerapan sistem satu arah di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika oleh Dishub Depok mulai Sabtu (29/7/2017) mendatang (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

"Jadi sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika menjadi ke arah timur saja, dan di Jalan Nusantara menjadi searah ke arah selatan," kata Gandara kepada Warta Kota, Minggu (23/7/2017).

Menurutnya penerapan sistem satu arah ini akan berdampak ke dua ruas jalan utama lain, yakni Jalan Margonda dan Jalan Arief Rahman Hakim, sebagai akses jalan putar para pengendara.

"Kita terapkan dan diujicoba mulai Sabtu 29 Juli mendatang. Sementara mulai Senin 24 Juli sampai Jumat 28 Juli, kita lakukan sosialisasi dan pemberitahuan ke para pengendara, diantaranya dengan memasang spanduk sosialisasi," kata Gandara.

Sehingga kata Gandara pihaknya memastikan bahwa penerapan sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara tersebut, belum diterapkan pada Senin (24/7/2017) besok.

"Sebab pemberitahuan dan sosialisasi saja, belum kami lakukan. Jadi Senin besok sampai Jumat itu, adalah masa pemberitahuan dulu, sebelum kami terapkan satu arah pada Sabtu 29 Juli," kata Gandara.

Ia mengatakan rencana penerapan sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara ini sudah melalui kajian pihaknya untuk mengatasi kemacetan di Depok.

"Ini dilakukan dalam rangka pemecahan masalah kemacetan lalu lintas, di kota Depok. Maka akan diterapkan sistem satu arah atau SSA ini, di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika mulai Sabtu (29/7/2017) mendatang," katanya.

Sebagai langkah awal katanya akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terhitung mulai Senin (24/7/2107) sampai Jumat (28/7/2017).

"Kami juga sudah berkordinasi dengan pihak terkait untuk penerapan sistem satu arah ini, terutama dengan Satlantas Polresta Depok," kata Gandara.

Karenanya kata dia di lapangan petugas Dishub Depok akan dibantu petugas Satlantas Polresta Depok, baik saat sosialisasi dan penerapannya. Gandara optimis penerapan sistem satu arah ini dapat mengurangi tingkat kemacetan dk Depok.

"Kami harapkan penerapan sistem ini menjadi solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan di Depok," kata Gandara.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved