Breaking News:

60 Personel Dishub Disiapkan untuk Penerapan Sistem Lalin Satu Arah di Depok

Sebanyak 60 personel Dinas Perhubungan Kota Depok disiagakan untuk penerapan sistem satu arah di dua ruas jalan utama Depok.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pemberitahuan rencana penerapan sistem satu arah di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika oleh Dishub Depok mulai Sabtu (29/7/2017) depan. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Sebanyak 60 personel pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok disiagakan untuk penerapan arus lali lintas sistem satu arah (SSA), di dua ruas jalan utama Depok, yakni Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara, di kawasan Pancoran Mas, Depok, mulai Sabtu (29/7/2017) depan.

Hal itu dikatakan Kepala Dishub Depok Gandara Budiana kepada Warta Kota, Minggu (23/7/2017). "Ada 60 personel kita siapkan untuk bersiaga di lapangan saat sistem satu arah di dua jalan itu diterapkan," kata Gandara.

Selain personel Dishub, menurut Gandara masiha ada personel dari Satlantas Polresta Depok yang akan turut membantu memperlancar penerapan arus lalu lintas ini agar tak terjadi kebingungan pada para pengendara.

Menurut Gandara, merrka akan disiagakan di titik-titik persimpangan ruas jalan satu arah untuk menghindari kebingungan.

Denah Uji Coba Sistem Arus Lalu Lintas Satu Arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara Kota Depok, Jawa barat.
Denah Uji Coba Sistem Arus Lalu Lintas Satu Arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara Kota Depok, Jawa barat. (Warta Kota/Budi Sam Law Malau)

Petugas, sambung Gandara, juga akan disiagakan di Jalan Margonda dan Jalan Atief Rahman Hakim saat. Sebab dua ruas jalan tersebut akan ikut terdampak karena akan menjadi akses untuk berputar saat sistem satu arah diterapkan.

Masih menurut Gandara, dengan penerapan sistem ini, arus lalu lintas di Jalan Dewi Sartika yang semula menggunakan sitem dua arah akan berubah menjadi satu arah, yakni dari arah barat ke timur, atau hanya dari arah Sawangan menuju ke Jalan Margonda maupun Jalan Kartini.

Sementara arus satu arah di Jalan Nusantara akan berlangsung dari utara ke selatan, tepatnya dari depan Gang Melati hingga simpang Jalan Dewi Sartika dan Jalan Pitara.

"Jadi arus satu arah di Jalan Dewi Sartika menjadi hanya ke arah timur saja sedang arus di Jalan Nusantara juga menjadi satu arah ke arah selatan," kata Gandara.

Menurutnya penerapan sistem satu arah ini akan berdampak ke dua ruas jalan utama lain, yakni Jalan Margonda dan Jalan Arief Rahman Hakim, sebagai akses jalan putar para pengendara.

"Kita akan terapkan dan ujicoba mulai Sabtu 29 Juli. Sementara mulai Senin 24 Juli sampai Jumat 28 Juli, kita lakukan sosialisasi dan pemberitahuan ke para pengendara, diantaranya dengan memasang spanduk sosialisasi," kata Gandara.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved