Dituntut Empat Tahun, Saipul Jamil Ajukan Pembelaan Minggu Depan

"Kami akan menyiapkan pledoi pembelaan semaksimal mungkin selama satu minggu. Jadi minggu depan kami akan sampaikan pledoi," ujar kuasa hukum Saipul

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Andy Pribadi
Regina Kunthi Rosary
Saipul Jamil di ruang sidang utama PN Jakarta Utara, Senin (16/5/2016) sebelum menjalani sidang putusan sela. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

WARTA KOTA, MAMPANG -- Pedangdut Saipul Jamil (36) dituntut empat tahun penjara oleh jaksa penuntut umum terkait kasus dugaan suap dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (19/7).

Ia dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan suap.

Menyikapi hal tersebut, kuasa hukum Saipul Jamil langsung mengajukan pledoi atau pembelaan terhadap tuntutan jaksa.

Langkah tersebut akan dilakukan pada sidang lanjutan yang akan digelar minggu depan.

"Kami akan menyiapkan pledoi pembelaan semaksimal mungkin selama satu minggu. Jadi minggu depan kami akan sampaikan pledoi," ujar kuasa hukum Saipul Jamil, Tito Hananta Kusuma, seusai sidang, Rabu (19/7).

Tito menambahkan tuntutan empat tahun penjara yang dilakukan jaksa terhadap Saipul Jamil sangat tidak mendasar. Pasalnya mantan suami Dewi Perssik tersebut sedang menjalani vonis hukuman yang lain.

"Seperti diketahui oleh publik, Bang Saipul Jamil sudah menerima vonis yang pertama selama 5 tahun. Ini ada tuntutan yang kedua Bang Saipul Jamil dan penasihat hukum akan menggunakan momen ini untuk memperjuangkan keadilan," katanya.

Ia beralasan tuntutan jaksa sangat bertolak belakang dengan undang-undang yang berlaku. Sehingga Tito pun yakin pihaknya bisa mendapatkan vonis sesuai yang diharapkan terkait nasib Saipul Jamil.

"Di dalam hukum Indonesia, di dalam Pasal 272 KUHAP diatur apabila seseorang sudah dipidana kemudian ada pidana lagi, maka yang terjadi adalah pidana yang pertama ditambah dengan pidana yang kedua, jadi 5 tahun + vonis kasus KPK ini," tutupnya. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved