Kenaikan Gaji DPRD DKI Dinilai Tak Tepat

Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai kenaikan gaji DPRD DKI sangat tidak tepat waktunya.

Kenaikan Gaji DPRD DKI Dinilai Tak Tepat
Warta Kota
Suasana rapat di DPRD DKI Jakarta. 

WARTA KOTA, GAMBIR - DPRD DKI bakal mengalami kenaikan gaji Rp 22 juta-Rp 30 juta pada bulan depan.

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diyakini rampung akhir Juli ini, dinilai tidak perlu melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti Nirwono Joga menilai kenaikan gaji DPRD DKI sangat tidak tepat waktunya.

Baca: Tunjangan Anggota DPRD DKI Bakal Naik Jadi Rp 12 Juta per Bulan

Menurut Nirwono, masyarakat dapat melihat setidaknya dalam periode kali ini, kinerjanya bisa dikatakan tidak berhasil. Hal itu, kata Nirwono, lantaran beberapa anggota DPRD tersangkut kasus korupsi, seperti kasus korupsi reklamasi dan sebagainya.

"DPRD tidak berpihak kepada rakyat ketika banyak penggusuran terjadi seperti Kampung Pulo, Bukit Duri, Kalijodo, Pasar Ikan, dan sebagainya. Terhadap reklamasi tidak tegas, bahkan justru berkolusi dan terlibat korupsi," kata Nirwono Joga saat dihubungi, kemarin.

Nirwono menyarankan, seharusnya DPRD melakukan survei secara terbuka, introspeksi diri, dan transparan kepada masyarakat terkait tingkat kepuasan kinerjanya selama ini.

Baca: Aura Kasih: Aku Enggak Pernah Temenan Sama Cewek

"Tidak sama sekali ada jaminan dengan kenaikan tunjangan tersebut, nanti anggota DPRD tidak teribat korupsi. Masih banyak celah yang bisa mereka lakukan seperti lobi-lobi terhadap Raperda," tutur Nirwono.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan, saat ini Badan Legislatif Daerah (Balegda) DPRD sedang menghitung berapa besaran upah yang mesti dinaikkan, sebelum menyusun Raperda tentang kenaikan gaji tersebut.

Halaman
123
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved