YDBA Harapkan UKM Lebih Maju di Era Digital

Pada era digital sekarang, berbagai kegiatan perekonomian sudah dimudahkan melalui akses internet, baik dari perusahaan berskala besar hingga kecil.

YDBA Harapkan UKM Lebih Maju di Era Digital
Warta Kota/Feryanto Hadi
YDBA mencoba memfasilitasi UKM untuk merambah ke dunia digital melalui kanal hebatnyaukm.org. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pada era digital sekarang, berbagai kegiatan perekonomian sudah dimudahkan melalui akses internet, baik dari perusahaan berskala besar hingga kecil.

Penggunaan teknologi digital diprediksi akan terus berkembang di masa mendatang, sehingga para pemilik usaha harus segera memanfaatkannya dalam penerapan strategi marketing usaha.

Jika tidak, mereka bisa kehilangan pasarnya.

Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Henry C. Widjaja mengatakan, memasuki usia ke-37 tahun, pihaknya akan mengajak UKM mitranya untuk semakin giat mengembangkan usahanya ke ranah digital.

"Sebab tak sedikit UKM yang masih belum memahami pentingnya fasilitas digital serta bagaimana cara mengadopsinya di bidang usaha masing-masing," kata Henry melalui keterangan tertulisnya kepada Warta Kota, Senin (10/7/2017)

Sebagai salah satu dari 9 yayasan di Astra yang berfokus membina dan mengembangkan UKM, Henry menyebut YDBA mencoba memfasilitasi UKM untuk merambah ke dunia digital melalui kanal hebatnyaukm.org.

Kanal tersebut diluncurkan bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-37 pada 10 Juli 2017 di William Soeryadjaya Hall, PT Astra International Tbk, Sunter, Jakarta.

Dengan bertemakan “Digital Ecosystem: Unboxing Future”, YDBA mengadakan rangkaian acara ulang tahunnya melalui tiga acara utama, yaitu Launching “Digital Ecosystem” hebatnyaukm.org, Sharing Session “Digital Ecosystem”, dan YDBA Award 2017.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 300 rang ini, berlangsung dari pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang.

“Digital Ecosystem” hebatnyaukm.org, merupakan ekosistem digital YDBA berbentuk online platform yang beriringan dengan offline platform yang sudah ada. Ekosistem digital tersebut tertuang dalam kanal hebatnyaukm.org yang berisikan fitur Blog dan News.

"UKM dapat mengakses informasi seputar UKM dan kewirausahaan yang lebih mendalam," imbuh Henry.

Ke depannya, Henry menambahkan, kanal ini juga akan dilengkapi dengan fitur E-Learning supaya UKM bisa belajar melalui video-video edukatif dan mempraktikkan sendiri cara mengembangkan usaha.

Selain kanal hebatnyaukm.org, YDBA juga akan melengkapi kanal ydba.astra.co.id dengan fitur E-Catalogue sehingga UKM bisa terbantu menjual produk-produknya secara online.

Sedangkan pada Sharing Session “Digital Ecosystem”, YDBA mengundang tiga narasumber yang siap membagikan pengalamannya kepada hadirin mengenai penggunaan ekosistem digital dalam kehidupan berbisnis, antara lain Head of SMB Marketing Google Indonesia, Fida Heyder, CEO buatkontrak.com, Rieke Caroline, dan Pemilik CV Azkasyah, Leony Agus Setiawati.

“Kami berharap UKM bisa memahami bagaimana proses perubahan ke era digital, sehingga bisa membuka pola pikirnya akan pentingnya mengembangkan bisnis di skala global melalui digital,” ujar Henry.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved