Syarat Pemenang Lelang Pembangunan Trestle Dermaga Pulau Pramuka Dipermudah

Persyaratan untuk menetapkan pemenang lelang pembangunan trestle (jembatan apung) di Dermaga Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, DKI akan dipermudah.

Syarat Pemenang Lelang Pembangunan Trestle Dermaga Pulau Pramuka Dipermudah
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Bibir lantai di Dermaga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, mengalami kerusakan cukup berat dan sampai saat ini pun belum ada upaya untuk segera dilakukan perbaikan, Rabu (1/3/2017). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Persyaratan untuk menetapkan pemenang lelang pembangunan trestle (jembatan apung) di Dermaga Pulau Pramuka di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta akan dipermudah.

Hal itu dilakukan agar tak terjadi gagal lelang untuk kedua kalinya. Sebab kondisi trestle disana sudah rusak. Perlu segera diperbaiki agar tak membahayakan calon penumpang kapal.

Kepala Unit Pelayanan Pengadaan Barang Jasa (UPPBJ) Jakarta Utara dan Pulau seribu, E.M Chamdan, mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) di Suku Dinas Perhubungan Pulauan Seribu untuk menurunkan kriteria persyaratan pemenang lelang.

"Soalnya itu harus berdasarkan persetujuan PPK dan Sudinhub. Kalau mereka tak setuju menurunkan kriteria ya kami juga tak mau memaksa. Sebab persyaratan itu memang dikeluarkan oleh PPK," kata Chamdan ketika ditemui Wartakotalive.com di Balaikota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2017).

Baca: Instagram Kenalkan Balasan Foto dan Video untuk Stories

Namun, kata Chamdan, alangkah baiknya kriteria persyaratan itu diturunkan.

Sebab sebelumnya gagal lelang terjadi karena persyaratan yang terlampau berat.

Chamdan menjelaskan, di lelang pertama yang dimulai Mei 2017 dan berakhir Juni 2017, PPK memberi syarat bahwa perusahan pemenang lelang harus memiliki penyelam bersertifikat madya, lalu harus menggunakan upah minimum provinsi (UMSP) tahun 2017, dan memiliki sertifikat keselamatan kerja (K3) dengan level madya.

"Ada 4 penyedia jasa yang kemudian memberi harga penawaran di lelang pertama yang gagal, tapi seluruhnya tak ada yang memenuhi persyaratan itu," kata Chamdan.

Seluruh peserta lelang hanya memiliki penyelam bersertifikat penyelam muda dan sertifikat K3 level muda. Begitu juga dengan persyaratan UMSP, tak ada yang bisa memenuhi.

Halaman
12
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved