Menampilkan Pemain Warga Argentina, Grup Gamelan KBRI di Buenos Aires Jadi Perhatian

Penampilan grup gamelan "Sang Bagaskara" milik KBRI di Argentina menjadi perhatian publik saat tampil dalam sebuah pertunjukan di Buenos Aires.

Menampilkan Pemain Warga Argentina,  Grup Gamelan KBRI di Buenos Aires Jadi Perhatian
Tribun Solo - Tribunnews.com
Ilustrasi para warga asing memainkan musik gamelan Indonesia 

 WARTA KOTA, PALMERAH -- "Sang Bagaskara" kelompok gamelan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Buenos Aires, Argentina menjadi perhatian warga Argentina, ketika tampil dalam pertunjukan di ibu kota Argentina itu.

Keterangan pers KBRI Buenos Aires yang diterima di Jakarta, Kamis menyebutkan pertunjukan gamelan itu dilakukan pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 Sekolah Studi Oriental Universidad del Salvador Buenos Aires.

Perayaan yang mengundang berbagai kelompok seni dan budaya Asia yang ada di Buenos Aires ini dihadiri oleh kalangan mahasiswa, duta besar dan perwakilan kedutaan besar negara-negara Asia Pasifik di Buenos Aires serta masyarakat Argentina.

Universidad del Salvador adalah salah satu universitas di Argentina yang memiliki fakultas Studi Oriental bagi mahasiswa Argentina yang memiliki minat mempelajari negara-negara Asia, termasuk Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Duta Besar RI untuk Argentina, Jonny Sinaga, menjelaskan, keunikan kelompok gamelan KBRI di Buenos Aires ini hampir seluruh pemainnya adalah warga Argentina.

"Kelompok yang dibentuk pada tanggal 23 Desember 2011 ini sangat unik karena selain pengajarnya WNI dari KBRI Buenos Aires, mereka seluruhnya adalah warga Argentina," ujar Jonny.

Grup Sang Bagaskara memainkan lima lagu dengan aransemen yang dimodifikasi dengan peralatan musik modern dan tradisional Amerika Latin.

Salah satu lagu yang banyak menarik minat hadirin ialah "El Baile del Pasto" yang mengombinasikan lagu daerah Indonesia dengan aransemen gamelan dan tambor khas Amerika Latin.

Direktur Sekolah Studi Oriental Universidad del Salvador, Carlos Ra, memberikan apresiasi khusus saat menyaksikan banyaknya penonton yang hadir khusus ingin menyaksikan penampilan "Sang Bagaskara".

Hingga saat ini Grup "Sang Bagaskara" memiliki peserta aktif sebanyak 20 orang. KBRI Buenos Aires rutin mengadakan kelas gamelan setiap Senin pukul 17.0-19.00 dan Sabtu pukul 18.30-20.30.

Editor:
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved