Mudik 2017

Jumlah Pemudik Arus Balik ke Depok Turun 10 Persen

Jumlah arus balik pemudik yang menggunakan bus ke Kota Depok sampai Minggu (2/7/2017) tercatat berjumlah sekitar 6.600 orang.

Jumlah Pemudik Arus Balik ke Depok Turun 10 Persen
Warta Kota/Dody Hasanuddin
Terminal Depok. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana menuturkan jumlah arus balik pemudik yang menggunakan bus ke Kota Depok sampai Minggu (2/7/2017) tercatat berjumlah sekitar 6.600 orang.

Jumlah ini kata Gandara menurun sekitar 10 persen dibanding tahun lalu yang mencapai sekitar 7200 orang.

"Arus balik pemudik dengan bus di terminal Depok tahun ini sekitar 6600 orang atau turun sekitar 10 persen. Kemungkinan sisanya balik ke Depok tidak menggunakan bus tapi dengan moda transportasi lain," kata Gandara, Senin (3/7/2017).

Selain itu kata dia kemungkinan pula sisa arus balik pemudik ke Depok menggunakan mobil rental atau turun di luar terminal bus.

Sebelumnya Gandara menuturkan seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, jumlah pemudik dari Kota Depok melalui bus di Terminal Kota Depok serta titik pemberangkatan lainnya, pada musim mudik Lebaran 2017 ini tercatat kembali turun dibanding tahun 2016 lalu.

Jika tahun 2016 lalu tercatat pemudik menggunakan bus dari Depok tercatat sekitar 26 ribu orang, maka tahun 2017 ini tercatat hanya sekitar 25 ribu orang saja.

"Seperti prediksi kami, pemudik dengan bus dari Depok tahun ini menurun, meski angkanya tidak terlalu besar dibanding tahun lalu. Tahun ini tercatat pemudik dengan bus sekitar 25 ribu orang, sementara tahun lalu sekitar 26 ribu orang," kata Gandara.

Ia mengatakan ada sejumlah faktor yang membuat pemudik dengan bus dari Depok menurun tahun ini.

Diantaranya banyak orang tua yang mempersiapkan anaknya masuk ke sekolah baru atau naik kelas sehingga menunda mudik tahun ini serta banyaknya perusahaan baik BUMN maupun swasta yang mengadakan mudik gratis bagi masyarakat.

"Jadi dua faktor itu adalah penyebab turunnya jumlah pemudik asal Depok dengan bus," kata Gandara.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved