Gerbang Tol Cikarang Utama Digratiskan Bila Antrean Kendaraan 5 Kilometer

Kepolisian akan menggunakan diskresi dengan menggratiskan gerbang tol Cikarang Utama, jika antrean kendaraan mencapai lima kilometer.

Warta Kota/Acep Nazmudin
Puncak arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama. 

WARTA KOTA, BEKASI-Pihak kepolisian berencana akan menggunakan diskresi dengan menggratiskan gerbang tol Cikarang Utama, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi bila terjadi kepadatan kendaraan sejauh 5 kilometer saat arus balik lebaran.

Diskresi atau keputusan untuk mengatasi persoalan konkret ini juga bakal ditempuh, bila rekayasa lalu lintas berupa contra flow dengan melawan arus tidak mampu mengurai kepadatan kendaraan.

"Menggratiskan gerbang tol sifatnya situasional atau ketika terjadi kepadatan kendaraan sejauh 5 kilometer," kata Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada Warta Kota pada Rabu (28/6/2017).

Karena sifatnya sifatnya situasional, Budiyanto belum bisa memastikan durasi penggratisan gerbang tol ini, apakah selama 10-15 menit atau lebih.

Menurut dia, penggratisan ruas tol ini tergantung pada keputusan pejabat Korlantas Mabes Polri dan Dirlantas Polda Metro Jaya berdasarkan fakta di lapangan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya lain dengan memberlakukan contra flow kendaraan dari KM 60 sampai KM 40 atau sejauh 20 kilometer.

Contra flow ini dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

"Contra flow dilakukan atas koordinasi dengan pengelola tol, dalam hal ini Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek," ujar Budiyanto.

Dia menambahkan, bila kepadatan tak terelakkan maka petugas bakal mengalihkan kendaraan ke gerbang keluar tol Cibatu.

Tujuannya untuk menghindari kepadatan kendaraan di gerbang Cikarang Utama di KM 29. Saat melewati jalur arteri, pengendara akan kembali diarahkan masuk ke dalam ruas tol lewat gerbang tol Cibitung.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved