Lebaran 2017

Salat Id Usai, Uskup Agung Semarang Kunjungi Masjid Agung, Silaturahmi Langsung dengan Umat Islam

Uskup Agung Semarang bertandang ke Masjid Agung untuk bersilaturahmi dengan umat Islam yang baru saja usai menunaikan salah Idul Fitri, Minggu (26/6)

Salat Id Usai,  Uskup Agung Semarang Kunjungi Masjid Agung, Silaturahmi Langsung dengan Umat Islam
Antara
Dokumentasi Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko (kiri) bersama koleganya, Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko, bersilaturahmi dengan umat Islam yang BARU SAJA USAI menunaikan salat Idul Fitri 1438 Hijriah, di MAsjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Minggu.

Dalam silaturahminya  itu, Uskup Agung Rubiyatmoko didampingi Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, Aloysius Budi Purnomo.

Setelah salat Idul Fitri dilaksanakan, Uskup Agung ditemui Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Ketua Umum Pengelola MAJT, Noor Achmad, dan sejumlah pejabat Jawa Tengah yang turut hadir.

Rubiyatmoko mengatakan, tujuan kunjungannya ke MAJT adalah untuk bersilaturahim dengan umat Islam yang merayakan Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami bersilaturahim agar persaudaraan yang sudah tercipta bisa semakin erat di antara umat beriman di seluruh Indonesia karena ini merupakan kekayaan sekaligus harapan umat manusia," katanya.

Uskup Agung berharap, kehidupan bersama antarumat beragama di Indonesia, khususnya di Provinsi Jateng, semakin membaik sehingga kedamaian sukacita sekaligus kegembiraan bisa diwujudkan.

Menurut dia, Keuskupan Agung Semarang bersama umat kristiani berkomitmen untuk selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan dengan siapa pun, tanpa membedakan agama, budaya, serta suku bangsa.

"Kita semua adalah saudara, ciptaan Tuhan,  maka ini akan kami upayakan tetus apapun yang terjadi karena ini menjadi perjuangan yang hidup," ujarnya.

Rubiyatmoko menambahkan, Hari Raya Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-77 Keuskupan Agung Semarang yang diperingati setiap 25 Juni.

"Mari kita jadikan Indonesia sebagai rumah bersama, tempat tinggal bagi seluruh warga dalam mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, rukun, bermartabat, dan teguh beriman, apapun agamanya," katanya.

Achmad yang juga menjadi khatib pada shalat Idul Fitri 1438 Hijriah di MAJT menyambut baik silaturahmi Uskup Agung Semarang dan rombongan.

"Kami sangat senang atas kehadiran Uskup Agung Semarang di MAJT. Ini menandakan antara umat muslim dan umat Katolik adalah satu di bawah NKRI berdasarkan Pancasila," katanya.

Umat muslim, kata dia harus berdamai, tidak hanya dengan agama yang sama, tapi juga dengan semua penganut agama agar NKRI tetap terjaga di tengah berbagai tantangan yang berkembang.

Dalam pertemuan yang penuh dengan rasa persaudaraan itu, Uskup Rubiyatmoko berkesempatan menyerahkan pesan Idul Fitri dari Kepausan di Vatikan.

Editor:
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved