Umat Islam di Beijing Baru Berlebaran Senin, Termasuk Warga Muslim Indonesia di Sana

Bebeda dengan umat Islam di Indonesia, yang merayakan Idul Fitri pada Minggu (25/6/2017), umat Islam di Beijing baru merayakannya pada hari Senin.

Umat Islam di Beijing Baru Berlebaran Senin, Termasuk Warga Muslim Indonesia di Sana
Antara
Puasa Di China: Para imam Masjid Niujie memimpin doa saat berbuka puasa di halaman masjid tertua dan terbesar di Beijing, China, Sabtu (10/6/2017). Puasa di China jatuh pada musim panas yang rata-rata berlangsung selama 16,5 jam. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Bebeda hari dengan umat Islam di Indonesia, warga muslim di Beijing, Minggu (25/6) besok, masih menjalani ibadah puasa Ramadhan karena 1 Syawal 1438 H di sana jatuh pada hari Senin (26/6).

"Kami telah diberitahu China Islamic Association bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah bertepatan dengan tanggal 26 Juni 2017," kata Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri Kedutaan Besar RI di Beijing, Suargana Pringganu, menjawab Kantor Berita Antara, Sabtu.

KBRI Beijing akan menggelar shalat Idul Fitri, Senin (26/6), mulai pukul 09.00 waktu setempat (08.00 WIB) dengan khotib yang didatangkan dari Indonesia.

Seluruh masjid di ibu kota China itu juga memasang pengumuman bahwa salat Id digelar pada Senin (26/6) pagi.

Masjid Shazikou di Jalan Shazikou Dongli No 7B dan Masjid Dongsi di Jalan Raya Dongsi Nan No 13, Jumat (23/6), telah memasang pengumuman mengenai jadwal salat Id pada Senin (26/6).

Demikian pula dengan Masjid Niujie yang merupakan masjid terbesar dan tertua di Beijing sekaligus "markas" China Islamic Association melakukan hal yang sama.

Namun Konsulat Jenderal RI di Shanghai telah mengeluarkan pengumuman bahwa salat Id akan digelar pada Minggu (25/6) mulai pukul 07.30 waktu setempat (06.30 WIB).

Antara News melaporkan, hingga berita ini diturunkan, KJRI Shanghai Siti Nugraha Maulidiah belum berhasil dikonfirmasi mengenai hal itu.

Akan tetapi salinan Surat KJRI Nomor 00448/BK/06/2017/03 yang didapat Antara di Beijing menyebutkan, salat Id akan digelar di Wisma Indonesia di Le Chateau No 66, Jianhe Road 2000, Changning District, Shanghai, Minggu, 25 Juni 2017, yang dilanjutkan dengan Open House.

Surat berkop KJRI Shanghai tertanggal 22 Juni 2017 tersebut ditandatangani oleh Siti Nugraha Mauludiah.

Informasi yang dihimpun dari grup WeChat para pelajar Indonesia di China juga menyebutkan imam Masjid Huxi, Shanghai, secara lisan mengumumkan bahwa 1 Syawal 1438 H jatuh pada hari Minggu (25/6).

Namun pengelola Masjid Huxi tetap memutuskan salat Id pada hari Senin (26/6) sesuai dengan izin sebelumnya yang diajukan kepada pemerintah setempat.

Sementara itu, umat Islam di Hong Kong dan Taipei akan melaksanakan shalat Id pada Minggu (25/6).

Para tenaga kerja Indonesia di Taipei telah menyiapkan tempat salat Id yang rencananya Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI Nusron Wahid akan bertindak sebagai khotib.

Demikian pula dengan para TKI di Hong Kong juga menggelar salat Id yang khotib dan imamnya dari Indonesia.

Editor:
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved