Mudik 2017

Esok Hari Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik di Stasiun Senen

Puncak arus mudik Lebaran moda kereta api dari Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan terjadi besok, Rabu 21 Juni 2017.

Editor: Andy Pribadi
Rangga Baskoro
Suasana Stasiun Senen, Selasa (20/6). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, SENEN -- Puncak arus mudik Lebaran moda kereta api dari Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan terjadi besok, Rabu 21 Juni 2017.

Prediksi tersebut berdasarkan ketersediaan rangkaian kereta tambahan dan booking pemesanan tiket.

"Prediksi jumlah penumpang terbanyak mulai tanggal 21 Juni 2017. Kita ada tambahan 1 KA premium ke Semarang," kata Kepala Stasiun Pasar Senen Dedi Kristanto di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (20/6).

Menurut Dedi, kepadatan penumpang terjadi sejak penetapan arus mudik Lebaran tanggal 15 Juni 2017. Hingga H-5 tercatat 150.000 penumpang telah bertolak melalui Stasiun Pasar Senen.

"Keberangkatan rata-rata perhari 25.000 penumpang. Penumpang yang paling tinggi KA Kertajaya dan KA Tawang Jaya karena rangkaian panjang. Sekali berangkat 15 rangkaian, 1500 penumpang," ujarnya.

Guna mengantisipasi keinginan masyarakat yang hendak mudik, Stasiun Pasar Senen menyiapkan sembilan kereta tambahan setiap harinya. Termasuk 15 rangkaian gerbong untuk kereta Kertajaya jurusan Surabaya dan Tawang Jaya jurusan Yogyakarta.

"Jadi ada 34 gerbong setiap harinya, ditambah 24 gerbong kereta biasa," katanya.

Dedi mengatakan, antisipasi jauh-jauh hari itu bisa dilakukan lantaran pemesanan tiket dilakukan secara online. Kepadatan penumpang berbanding lurus dengan ketersediaan rangkaian KA.

"Semua sudah kami antisipasi. Sistem penjualan tiket kami kan H-90 jadi sudah dapat diketahui H minus sekian jumlah penumpang sekian dan sebagainya. Insya Allah lancar dan semua penumpang nyaman," ujarnya. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved