Koran Warta Kota

Pemudik di Stasiun Membeludak, Pemudik Tidur Beralas Koran di Pinggir Jalan

Banyak pemudik yang duduk di pinggir trotoar. Beberapa dari mereka bahkan tidur beralaskan koran di pinggir jalan

Editor: Suprapto
Dok.Wartakota
Pemudik mulai terus memadati sejumlah stasiun di Jakarta. 

WARTAKOTA, SENEN--Arus mudik Lebaran 2017 mulai meningkat pada H-9. Stasiun KA Senen dibanjiri penumpang kereta api, Jumat (16/6) kemarin.

Membe­ludaknya penumpang KA membuat ruang tunggu stasiun sangat padat. Bahkan lorong yang menuju ke arah pintu masuk juga dipenuhi orang.

Pantauan Warta Kota, banyak pemudik yang duduk di pinggir trotoar. Beberapa dari mereka bahkan tidur beralaskan koran di pinggir jalan.

Kepadatan itu menyebabkan pejalan kaki di lorong kesulitan berjalan menuju pintu masuk stasiun.

Banu (34), seorang pemudik, menyatakan bahwa ruang tunggu yang terletak di dekat ATM sudah terisi penuh. Padahal dirinya masih harus menunggu kereta api tujuan kota Solo, Jawa Tengah, yang berangkat sekitar jam 15.00.

"Penuh di dalam (ruang tunggu). Kereta saya masih lama lagi. Ya sudah terpaksa duduk di luar," ungkap Banu di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Penumpang, Yosi (45), tak heran melihat kondisi Stasiun Senen yang dipadati pengunjung yang terpaksa duduk di pinggir lorong. Kejadian serupa sering dialaminya sejak 3 tahun yang lalu.

"Saya sudah 3 kali mudik dari Stasiun Senen, ya sama saja selalu begini. Kok gak ada perbaikan ya? Gak kasihan apa sama penumpang?" ucapnya.

Tiket habis

Menurut Kepala Stasiun Pasar Senen, Dedi Kristanto, kemarin Stasiun Senen memberangkatkan sebanyak 23.800 orang. Jumlah pemudik yang akan diberangkatkan diperkirakan bakal terus meningkat jelang mendekati waktu Lebaran.

"Di H-9 ini penumpang kita berangkatkan hari ini dan kemarin sekitar 23.800 orang lebih, mendekati 24.000," katanya.

Pihaknya memprediksi lonjakan penumpang akam terus terjadi mendekati Lebaran. Terlebih lagi di atas tanggal 20 Juni mendatang.

"Tanggal 20 Juni ke atas (yang diberangkatkan) bisa sampai 25.000 orang," ucap Dedi.

Stasiun Senen sendiri menyediakan sebanyak 24 kereta reguler dan 6 kereta tambahan untuk mengangkut penumpang. "Pemberangkatan kereta reguler kami 24. Hari ini dan kemarin kita tambah. Tambahannya 6 (kereta)," papar Dedi.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved