Breaking News:

Jumlah Peserta UNBK SMP Naik 860 Persen tapi Nilai Turun

Kemendikbud tengah merilis hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang mengalamai berbagai peningkatan secara signifikan.

Alija Berlian Fani
Konfrensi pers di Kemendikbud, Kamis (15/6/2017). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah merilis hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang mengalamai berbagai peningkatan secara signifikan.

Dari data yang didapat oleh wakrtakotalive.com terjadi peningkatan jumlah peserta UNBK pada jenjang SMP dari tahun 2016 ke 2017 yang mencapai 860 persen atau 156.320 menjadi 1.349.744.

Selain itu lonjakan sekolah yang mengikuti UNBK mengalami ke naikan dan bahkan mencapai 1.180 persen yang terhitung sekolah-sekolah dari Sabang sampai Maraoke.

Meski demikian, Kepala Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik Kemendikbud), Nizam mengatakan hasil UN SMP Sederajat tahun 2017 menurun dari tahun sebelumnya.

"Turunnya nilai UN tahun ini dibarengi dengan meningkatnya Indeks Integritas Pelaksanaan UN (IIUN). Ini merupakan sesuatu yang positif bagi kita," ujarnya di Gedung A Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2017).

Ia menambahkan turunnya nilai rerata UN juga dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah peserta UN berbasis komputer.

"Sekolah-sekolah yang dulu telah mengikuti UNBK dan tahun ini tetap menggunakan UNBK tidak menunjukkan penurunan rerata nilai yang signifikan," jelasnya. (M9)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved