VIDEO: Sopir dan Bus di Depok Sama-sama Diperiksa Kelaikannya

Semuanya negatif untuk tes urine, tidak ada yang terindikasi narkoba dan mengonsumsi alkohol"

WARTA KOTA, JAKARTA- Dalam menyambut musim mudik Lebaran tahun ini, Kepolisian Resort Kota Depok bersama Pemkot Depok, dan Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Depok menggelar tes urine dan cek kesehatan kepada 20 sopir bus di Terminal Depok di Jalan Margonda Raya, Rabu (14/6/2017).

Dari hasil tes urine kepada para sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP), dan antar kota dalam provinsi (AKDP) tersebut, tidak ditemukan sopir bus yang terindikasi mengonsumsi narkoba maupun alkohol.

"Semuanya negatif untuk tes urine, tidak ada yang terindikasi narkoba dan mengonsumsi alkohol" kata Kasat Lantas Polresta Depok Komisaris Sutomo, yang memimpin kegiatan tes urine dan cek kesehatan ke awak angkutan tersebut, Rabu.

Sutomo mengatakan tes urine dan tes kesehatan kepada pada sopir bus ini, dilakukan oleh petugas gabungan dari Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polresta Depok, BNNK Depok dan Dinas Kesehatan Kota Depok.

"Ini kami lakukan untuk memastikan keselamatan pemudik yang menumpang bus dari Terminal Depok. Sebab sangat berbahaya sekali jika sopir bus terindikasi narkoba atau miras," kata Sutomo.

Ia menjelaskan kondisi fisik dan kesehatan sopir bus mesti prima dalam membawa pemudik ke kampung halamannya. Apalagi katanya perjalanan yang mesti ditempuh para sopir bus dan pemudik ini cukup panjang.

"Kesiapan dan kesehatan sopir bus ini, yang ingin kita pastikan dalam tes kesehatan dan tes urine ini," kata dia.

Menurutnya kegiatan ini juga dilakukan sebagai persiapan menghadapi operasi khusus Ramadan yang akan insentif digelar pihaknya bersama pihak terkait mulai H-7 sampai H+7 Lebaran mendatang.

Dalam kesempatan itu, Sutomo sempat memberikan pengarahan dan imbauan ke para sopir bus, agar senantiasa mentaati semua peraturan dan rambu lalu lintas di perjalanan saat membawa pemudik. (bum)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved