VIDEO: Ini Dia Tari Saman yang Memukau Pengunjung CBM Depok

Tarian dari Aceh ini merupakan salah satu tarian khas budaya Indonesia yang sudah sangat terkenal dan mendunia.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Andy Pribadi

WARTA KOTA, DEPOK -- Gerakan dinamis dan selaras yang berangsur-angsur cepat oleh belasan penari, merupakan salah satu ciri utama dari Tari Saman.

Tarian dari Aceh ini merupakan salah satu tarian khas budaya Indonesia yang sudah sangat terkenal dan mendunia.

Bahkan badan khusus PBB yang membidangi budaya, yakni Unesco, telah menetapkan Tari Saman menjadi Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia pada 2011 lalu.

Ini artinya tarian kebanggaan Indonesia ini diakui sebagai tarian budaya bernilai sangat tinggi.

Alasan inilah yang membuat pusat perbelanjaan Cinere Bellevue Mal (CBM) di Jalan Merawan, Cinere, Depok, menggelar kompetisi Tari Saman, Minggu (11/6/2107).

Acara ini merupakan salah satu rangkaian Ramadan Carnival yang digelar CBM mulai 25 Mei sampai 9 Juli 2017 mendatang.

Dalam kompetisi Tari Saman yang digelar CBM, ada 15 kelompok tari baik dari tingkat sekolah maupun sanggar tari, yang ikut serta.

Penampilan para kelompok tari di pangggung utama CBM cukup menyedot perhatian pengunjung. Silih berganti setiap kelompok tari menunjukkan kepiawaiannya memainkan Tari Saman.

Gerakan para penari yang mengalun selaras, dinamis, lalu berangsur makin bertambah cepat dengan berbagai variasi manuver, menghipnotis para pengunjung CBM yang menyaksikannya.

Wanto, kordinator Event CBM, mengatakan lomba Tari Saman yang dipilih menjadi salah satu rangkaian acara di Ramadan Carnival terbukti mampu menghibur dan mempesona para pengunjung di bulan Ramadan ini.

"Lomba Tari Saman ini terbuka untuk umum. Peserta yang ikut ada dari kelompok tari sekolah dan ada pula dari sanggar tari," kata Wanto, Senin (12/7/2017). Semuanya kata dia menampilkan aksi terbaik mereka di panggung utama CBM.

Para juri dan penilai dijamin adalah mereka yang kompeten di bidangnya. Total hadiah sendiri kata dia adalah uang tunai Rp 6 Juta beserta piala dan plakat.

Wanto mengatakan selain lomba Tari Saman, ada sejumlah acara menarik lain yang digelar CBM sampai 9 Juli mendatang di Ramadan Carnival ini.

"Akan ada pula lomba Marawis atau Marawis Competition di 18 Juni nanti. Juga Ramadan One Day Sale di 17 Juni," kata Manto.

Selain sejumlah acara lomba dan hiburan, kata Manto, dalam Ramadan Carnival ini, CBM juga akan mengadakan buka puasa bersama anak yatim pada 16 Juni mendatang.(bum)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved